8 Jurusan Kuliah yang Bisa Diambil Jika Ingin Jadi PNS di Kemenhub, Simak Daftarnya!

Jum'at, 18 Agustus 2023 - 09:40 WIB
loading...
8 Jurusan Kuliah yang Bisa Diambil Jika Ingin Jadi PNS di Kemenhub, Simak Daftarnya!
Banyak jurusan kuliah yang bisa diambil jika ingin menjadi PNS di Kemenhub. Foto/Dok. SINDOnews
A A A
JAKARTA - Ada banyak jurusan kuliah yang bisa diambil jika ingin mendaftar CPNS di Kementerian Perhubungan ( Kemenhub ). Layaknya instansi lain, Kemenhub juga biasa menerima calon pegawai baru sesuai kebutuhan.

Mengambil data sebaran formasi penerimaan calon aparatur sipil negara (CASN) di lingkungan Kemenhub tahun anggaran 2021, terdapat banyak jurusan kuliah yang menjadi syarat mendaftar formasi tertentu. Berikut beberapa di antaranya.

Jurusan Kuliah yang Bisa Dipilih Jika Ingin Jadi PNS di Kemenhub

1. Transportasi Darat


Transportasi Darat menjadi salah satu jurusan kuliah yang banyak dibutuhkan Kemenhub. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya posisi pada penerimaan CPNS Kemenhub 2021 yang mensyaratkan jurusan Transportasi Darat.

Beberapa contoh formasinya adalah seperti Ahli Pertama-Pengendali Dampak Lingkungan, Analis Angkutan Darat, Pemeriksa Persyaratan Teknis dan Laik Jalan, Pengevaluasi Kinerja Prasarana LLAJ, Pemeriksa Perkeretaapian, dan masih banyak lainnya.

2. Teknik Sipil


Berikutnya ada Teknik Sipil. Bagian dari jurusan teknik ini memang menjadi salah satu prodi populer di kalangan mahasiswa.

Pada penerimaan CPNS Kemenhub 2021, cukup banyak juga posisi yang mensyaratkan pendidikan Teknik Sipil. Antara lain seperti Analis Laporan Hasil Pengawasan, Ahli Pertama-Perencana, Analis Data Pengujian Prasarana, Ahli Pertama-Pembina Jasa Konstruksi, Pemeriksa Persyaratan Teknis dan Laik Jalan Perkeretaapian, Penguji Jalur dan Bangunan Kereta Api, Teknisi Pemeliharaan Sarana Prasarana, dan lain sebagainya.


3. Perkeretaapian


Jurusan Perkeretaapian juga banyak dibutuhkan pada penerimaan CPNS Kemenhub 2021. Beberapa cakupan jurusannya seperti D-III Perkeretaapian, D-III Manajemen Transportasi Perkeretaapian, D-III Teknologi Mekanika Perkeretaapian, dan lain sebagainya.

Sejumlah posisi yang dibutuhkan mencakup Pengadministrasian Bahan Pengujian Sarana, Pengadministrasi Sertifikasi SDM Perkeretaapian, Pengelola Bangunan dan Jalur Perkeretaapian, Pengelola Perizinan Perkeretaapian, dan masih banyak lainnya.

4. Nautika


Jurusan ini mungkin terdengar asing bagi sebagian orang. Namun, lulusannya juga banyak dicari pada penerimaan CPNS Kemenhub 2021 lalu.

Deretan posisi yang membutuhkan jurusan ini seperti Analis Kesyahbandaran, Pengadministrasian Kedatangan dan Pemberangkatan Kapal, Pengawas Kapal Asing (PSCO), dan lainnya.

5. Hukum


Berikutnya ada jurusan Hukum. Prodi populer di kalangan mahasiswa ini memang memiliki cakupan prospek kerja yang luas, termasuk Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Sejumlah posisi yang mensyaratkan jurusan Hukum antara lain seperti Penyusun Bahan Kebijakan, Perancang Peraturan Perundang-Undangan, Penyusun Bahan Bimbingan Teknis, Penyusun Bahan Kebijakan, dan lainnya.

6. Akuntansi


Akuntansi kerap dianggap sebagai jurusan yang sulit. Namun, hal ini setidaknya setimpal dengan prospek kerja yang dimiliki para lulusannya.

Pada penerimaan CPNS Kemenhub 2021, sejumlah posisi juga membutuhkan lulusan Akuntansi. Di antaranya seperti Analis Perencanaan Anggaran, Pengelola Keuangan, Verifikator Keuangan, Analis Sistem Akuntansi Instansi, Penata Keuangan, dan lain sebagainya.

7. Manajemen


Jurusan Manajemen termasuk dalam prodi yang dibutuhkan oleh Kemenhub. Pada penerimaan CPNS Kemenhub 2021, cukup banyak juga posisi yang mensyaratkan jurusan ini.

Di antaranya adalah Penelaah Tarif Angkutan Barang dan Multimoda, Pengelola Keuangan, Pemeriksa Laporan dan Transaksi Keuangan, Pengolah Data Informasi dan Hukum, Analis Pelaksanaan Anggaran, Analis Keuangan, dan masih banyak lainnya.

8. Ekonomi


Sejumlah posisi yang mensyaratkan jurusan seperti Ilmu Ekonomi antara lain Analis Perencanaan Anggaran, Pengelola Keuangan, Verifikator Keuangan, Analis Laporan Hasil Audit, Analis Perencanaan Anggaran, dan lainnya.

Nah, itulah sejumlah jurusan kuliah yang bisa diambil jika ingin menjadi PNS di Kementerian Perhubungan (Kemenhub).
(okt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1172 seconds (0.1#10.140)