7 Jurusan Kuliah Berpotensi Besar Diterima PNS di Kemenkumham, Apa Saja?

Senin, 14 Agustus 2023 - 13:36 WIB
loading...
7 Jurusan Kuliah Berpotensi Besar Diterima PNS di Kemenkumham, Apa Saja?
Salah satu jurusan kuliah yang berpeluang besar diterima menjadi PNS di Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham)kumham adalah jurusan Hukum. Foto/laman Kemenkumham
A A A
JAKARTA - Ini 7 jurusan kuliah yang dibutuhkan jika ingin mendaftar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kemenkumham. Seperti halnya instansi pemerintah lain, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) acap kali membuka pendaftaran calon pegawai pada instansinya dengan menerapkan syarat jurusan kuliah pada formasi yang dibuka.

Ini bisa menjadi peluang bagi kalian yang bercita-cita menjadi PNS di instansi pemerintah pusat. Mengutip laman cpns.kemenkumham.go.id, pada CPNS 2021 secara umum ada empat formasi yang dibuka yakni kategori umum, penyandang disabilitas, putra atau putri Papua dan juga lulusan terbaik atau cumlaude.

Daftar 7 Jurusan Kuliah Berpeluang Besar Masuk Jadi PNS Kemenkumham

1.Jurusan Keperawatan


Jurusan keperawatan sangat dibutuhkan Kemenkumham. Hal tersebut dibuktikan dengan dibukanya 180 formasi pada jurusan keperawatan pada CPNS Kemenkumham tahun 2021. Para perawat akan ditugaskan untuk merawat narapidana yang tersebar di 33 kantor wilayah di Indonesia.

2. Jurusan Akuntansi


Jurusan Akuntansi juga menjadi jurusan penting di instansi Kemenkumham. Seperti halnya pada CPNS 2021, kementerian yang dipimpin oleh Yasonna H Laoly ini menyediakan 47 formasi yang terbagi menjadi 42 formasi umum, 4 formasi untuk terbaik dan 1 formasi untuk difabel.Lulusan Akuntansi ini akan ditempatkan di 33 Kantor wilayah dengan jabatan sebagai analis anggaran di masing-masing kantor wilayah.

3. Jurusan Hukum


Sesuai nama kementerian, jurusan Hukum tidak bisa dipisahkan dari Kemenkumham. Lulusan jurusan Hukum biasanya akan ditempatkan pada 10 kantor pusat dengan jabatan sebagai analis hukum atau legal.


4. Jurusan Kesejahteraan Sosial


Jurusan Kesejahteraan Sosial tentu termasuk ke dalam jurusan yang dibutuhkan oleh Kemenkumham. Pasalnya Kemenkumham akan membawahi para narapidana yang harus menerima haknya dan disejahterakan oleh pemerintah. Tak tanggung-tanggung, pada tahun 2021, Kemenkumham membuka 158 formasi untuk jurusan S1 Kesejahteraan Sosial yang akan ditempatkan di 10 kantor wilayah yang ada di Indonesia.

5. Jurusan Kedokteran


Jurusan Kedokteran juga termasuk ke dalam jurusan yang selalu muncul dalam formasi dari Kemenkumham. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya formasi yang ada setiap tahunnya lebih dari 50 formasi.

Jurusan ini dibutuhkan untuk menjamin kesehatan para narapidana yang ada di lapas atau rutan. Biasanya untuk jurusan kedokteran akan ditempatkan pada 26 kantor wilayah yang ada di Indonesia.

6. Jurusan Manajemen


Jurusan Manajemen juga berpeluang besar berkarier di Kemenkumham. Dalam CPNS pada tahun 2021 Kemenkumham membuka 33 formasi yang akan ditempatkan pada kantor pusat. Jurusan manajemen yang ditempatkan pada kantor pusat akan memiliki jabatan sebagai terampil pranata keuangan APBN.

7. Jurusan Informatika


Jurusan Informatika merupakan jurusan yang selalu dibutuhkan oleh sejumlah kementerian yang ada di Indonesia termasuk juga Kemenkumham.Jurusan kuliah Informatika akan ditempatkan pada 33 kantor wilayah yang tersebar di seluruh Indonesia dengan memiliki jabatan sebagai pranata ilmu komputer.
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1027 seconds (0.1#10.140)