4 Bahaya Sistem Kebut Semalam, Bisa Ganggu Fungsi Otak Juga Loh

Minggu, 20 Agustus 2023 - 15:00 WIB
loading...
4 Bahaya Sistem Kebut Semalam, Bisa Ganggu Fungsi Otak Juga Loh
4 bahaya yang mengintai jika belajar dengan sistem kebut semalam. Foto/Zenius.
A A A
JAKARTA - Istilah sistem kebut semalam atau yang sering disingkat SKS akrab di pelajar . Padahal ada bahaya yang mengintai jika pelajar belajar dengan sistem kebut semalam ini.

Apakah kalian termasuk para pelajar yang suka semalam suntuk bahkan mengurangi waktu tidurnya untuk belajar dengan sistem kebut semalam?

Meski dengan sistem kebut semalam kalian bisa menyerap materi ujian atau mengerjakan tugas dalam waktu singkat, namun SKS ini dapat berdampak buruk pada kondisi tubuh dan akademis.

Dikutip dari Instagram Ditjen Pendidikan Vokasi, berikut ini 4 bahaya yang mengintai dari cara belajar sistem kebut semalam.

Baca juga: Kebakaran di Lab Tewaskan Mahasiswi S2, IPB University Bentuk Tim Khusus

4 Bahaya Sistem Kebut Semalam

1. Performa akademis bisa menurun


Salah satu bahaya yang ditimbulkan dari sistem kebut semalam adalah menurunya performa akademis, baik di sekolah ataupun di bangku kuliah.

Hal ini karena kalian akan memaksa otak untuk memahami materi pelajaran dalam waktu yang singkat. Dampaknya konsentrasi terhadap suatu hal akan menurun sehingga hasil yang maksimal tak akan didapat.

2. Sulit berkonsentrasi


Ritme kerja tubuh manusia itu ada tahapannya dan malam hari semestinya digunakan untuk beristirahat.

Jika kalina memaksa waktu malam untuk belajar dan mengerjakan tugas tentunya otak akan mengalami penurunan stamina dan membuat kalian hilang kendali dan fokus pada pagi hari.

Baca juga: Trio Peneliti Unair Masuk Top 100 Ilmuwan Dunia, Siapa Saja Mereka?

3. Menganggu kesehatan


Belajar dengan sistem kebut semalam memaksakan tubuh untuk bekerja pada waktu istirahat.

Hal ini akan menurunkan dan juga perlahan akan merusak sistem kerja imun tubuh yang akan memunculkan berbagai masalah kesehatan, contohnya penuaan dini dan onsomia.

4. Gangguan fungsi otak


Jika kalian terus memaksa otak untuk melakukan hal berat pada waktu yang tak semestinya, maka otak akan menjadi cepat lelah.

Hal ini sangat berdampak pada gangguan memori dan menyebabkan kalian akan sering lupa akibat terbiasa belajar dalam kondisi singkat dan keras.

Demikian tadi empat bahayanya belajar dengan sistem kebut semalam. Semoga informasi ini bermanfaat bagi pembaca setia SINDOnews.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1988 seconds (0.1#10.140)