Arti Gelar Pendidikan Ganjar Pranowo dan Asal Universitasnya

Minggu, 20 Agustus 2023 - 16:37 WIB
loading...
Arti Gelar Pendidikan Ganjar Pranowo dan Asal Universitasnya
Arti gelar pendidikan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan juga asal universitasnya. Foto/SINDOnews.
A A A
JAKARTA - Rekam jejak pendidikan para tokoh menarik untuk diketahui untuk menambah wawasan. Ganjar Pranowo , Gubernur Jawa Tengah pun menjadi salah satu tokoh yang memiliki perjalanan pendidikan yang menarik.

Gelar pendidikan yang dimiliki oleh individu juga mencerminkan dedikasi, kerja keras, dan komitmen mereka dalam mengejar ilmu dan pengetahuan. Saat ini Gubernur Jawa Tengah itu memiliki gelar S.H dan M.I.P yang tersemat di belakang namanya.

Lantas apa arti gelar pendidikan Ganjar Pranowo dan asal universitasnya? Berikut ulasan informasinya:

Arti Gelar Pendidikan Ganjar Pranowo dan Asal Universitasnya

Baca juga: Trio Peneliti Unair Masuk Top 100 Ilmuwan Dunia, Siapa Saja Mereka?

Ganjar Pranowo lahir pada 28 Oktober 1968 di Karanganyar, Jawa Tengah dan menghabiskan masa kecilnya di sana.

Saat memulai jenjang SMP, Ganjar dan keluarganya pindah ke Kutoarjo karena ayahnya mendapatkan tugas di salah satu kota di kabupaten Purworejo, Jawa Tengah ini.

Di Kutoarjo, Ganjar bersekolah di SMP Negeri 1 yang sekarang dikenal sebagai SMP Negeri 3 Purworejo. Setelah menyelesaikan SMP, ia melanjutkan ke SMA Bopkri 1 Yogyakarta dan cukup aktif di kegiatan kepramukaan.

Usai menanggalkan seragam putih abu-abunya, Ganjar meneruskan pendidikannya di Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada (UGM). Ganjar Pranowo berhasil menyelesaikan kuliah S1 dan lulus dengan gelar Sarjana Hukum , S.H.

Selama perjalanan pendidikannya, Ganjar juga berhasil meraih gelar S2 (magister) dalam bidang Ilmu Politik dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Indonesia.

Ganjar dinyatakan lulus pada tahun 2013 setelah menjalani ujian tesis yang mengupas isu independensi dalam pembahasan revisi UU Nomor 22 Tahun 2007 tentang Penyelenggara Pemilu.

Baca juga: Jadi Wisudawan Terbaik S3 UINSA, Ini Sosok Branch Manager BSI Eric Kurniawan

Pasca kelulusannya di program magister di bidang Ilmu Politik dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, hal ini yang membuat gelar M.l.P tersemat pada nama belakangnya.

Kesimpulannya Ganjar Pranowo menimba ilmu Hukum di Fakultas Hukum Universitas Gajah Mada dan berhasil lulus dengan gelar Sarjana Hukum atau S.H.

Kemudian pada tahun 2009 melanjutkan untuk program magister jurusan Ilmu Politik di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia dan lulus di tahun 2013 dengan gelar M.I.P.

Itulah ulasan mengenai arti gelar pendidikan Ganjar Pranowo dan asal universitasnya. Semoga informasi ini dapat menambah wawasan.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1705 seconds (0.1#10.140)