Ini Beda Koas dan Residen di Tahapan Pendidikan Dokter, Jangan Kebalik-balik Ya

Senin, 21 Agustus 2023 - 10:20 WIB
loading...
Ini Beda Koas dan Residen di Tahapan Pendidikan Dokter, Jangan Kebalik-balik Ya
Koas dan Residen sebagai tahapan dalam pendidikan Kedokteran memiliki perbedaan. Jika Koas adalah dokter muda, Residen adalah calon dokter spesialis. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ini perbedaan antara Koas dan Residen.Sebelum seseorang menyandang gelar sebagai Dokter secara penuh, ada sejumlah tahapan yang harus dilewati. Salah satu tahapan itu adalah menjadi Koas atau biasa disebut dokter muda yang biasannya praktik di sejumlah rumah sakit.

Sedangkan di profesi dokter spesialis dikenal juga istilah Residen. Meski berbeda istilah, Koas dan Residen sama sama masih menempuh tahapan pendidikan sebelum nantinya menyandang status sebagai Dokter penuh. Lalu apakah keduanya berbeda? Jawabannya jelas berbeda. Dirangkum dari berbagai sumber, ini ulasannya perbedaan antara Koas dan Residen.

Apa Perbedaan Koas dan Residen?

Residen

1. Merupakan dokter umum yang sedang dalam masa studi pendidikan dokter spesialis.. Itu artinya residen lebih tepatnya disebut sebagai calon dokter spesialis

2. Residen itu panggilan dokter umum yang sudah bergelar dr.

Koas


1. Merupakan dokter muda yang sedang studi pofesi kedokteran dan sedang menjalani praktik langsung di lapangan dengan menjadi dokter muda atau Koas (co-assisten) di rumah sakit.

2. Koas itu panggilan mahasiswa Fakultas Kedokteran (FK) yang sudah bergelar S.Ked yang mau jadi dokter umum.


Contoh 3 Strata Pendidikan Profesi di Fakultas Kedokteran Gigi UGM

1. Koas


Strata terendah ini untuk mahasiswa yang baru lulus S1 dan melaksanakan pendidikan profesi untuk mendapatkan gelar dokter gigi umum.

2. Residen


Dokter gigi yang sedang ambil pendidikan dokter gigi spesialis. Penampilan residen rata-rata rapi. Biasanya sering diberi tugas konsulen untuk jaga koas waktu koas kerja pasien. Jika koas tidak bisa menangani pasien yang datang, bisa dirujuk ke residen dan residen berhak mengerjakan pasien tersebut. Di rumah sakit residen mendapat klinik yang lumayan modern.

3. Konsulen


Ini adalah tingkat tertinggi atau supervisor paling senior. Biasanya konsulen disebut juga dengan dokter senior, yang juga bertugas menjadi dosen pembimbing koas dan residen. Jarang terlihat di klinik karena sangat sibuk. Hanya bisa ditemui jika ingin meminta tanda tangan rekam medik untuk koas.

Apakah Koas dan Residen Ada Persamaannya?

1. Karena kesamaan nasibnya (sama-sama sedang studi), koas dan residen seringkali cocok dan saling membantu.

2. Koas membantu residen waktu lagi periksa pasien (bisa juga dengan bantu tulis resep yang disebutin residen)
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1275 seconds (0.1#10.140)