Kenapa Manajemen Waktu saat Kuliah di Luar Negeri Penting? Begini Penjelasannya

Selasa, 22 Agustus 2023 - 11:28 WIB
loading...
Kenapa Manajemen Waktu saat Kuliah di Luar Negeri Penting? Begini Penjelasannya
Menyelesaikan studi dengan tepat waktu jadi cita-cita banyak mahasiswa yang kuliah di luar negeri. Salah satu caranya adalah perlunya manajemen waktu yang baik. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Menyelesaikan studi dengan tepat waktu jadi cita-cita banyak mahasiswa yang kuliah di luar negeri. Lalu bagaimana caranya agar hal itu terwujud? Salah satu rahasianya adalahmanajemen waktu.

Manajemen waktuadalah kemampuan untuk menggunakan waktumu secara produktif dan efisien. Kamu bisa menganggapnya sebagai seni memiliki waktu untuk melakukan semua yang kamu butuhkan, tanpa merasa tertekan karenanya.

Kedengarannya simple, kan? Tapi nyatanya praktiknya jauh lebih sulit. Demikian halnya terkait studi tepat waktu universitas di luar negeri. Dirangkum dari berbagai sumber, artikel kali ini akan membahas pentingnya manaemen waktu saat studi di luar negeri.

TipsManajemen Waktusaat Kuliah di Luar Negeri

1. Tentukan dan Prioritaskan Tugas


Sebelum menyisihkan waktu untuk menyelesaikan pekerjaan, kamu harus mempersempit apa yang perlu kamu selesaikan dan mengaturnya sesuai urutan kepentingannya. Buat daftar periksa semua yang perlu diselesaikan, seperti tugas, proyek, kelompok belajar, dan lainnya kemudian tambahkan tenggat waktunya.

2. Hadiahi Diri Sendiri


Menelusuri daftar tugas bukanlah hal yang mudah. Mengatur waktu secara efektif adalah kebiasaan yang perlu dipupuk, dan reward dapat memperkuat kebiasaan ini. Untuk itu, setiap kali kamu berhasil menyelesaikan tugas, rayakan kemenangan, besar atau kecil.

3. Realistis & Fleksibel


Sebagai siswa, kamu nggak bisa mendedikasikan 24 jam untuk belajar; kamu perlu menyelesaikan hal-hal lain. Ada kelas, ekstrakurikuler, tidur, hingga jalan-jalan sama teman. Namun, perlu diingat bahwa tugas sering memakan waktu lebih lama dari yang kamu harapkan, jadi alokasikan lebih banyak waktu jika kamu akhirnya menghabiskan lebih banyak waktu daripada yang kamu kira untuk suatu pekerjaan.


Sejumlah Alasan Mengapa Mengatur Waktu saat Kuliah Itu Penting

1. Capai Tujuan Lebih Cepat


Manajemen waktuyang tepat membuat kamu lebih efektif. Alih-alih terjebak dalam multitasking, kamu fokus pada satu aktivitas pada satu waktu untuk durasi tertentu. Dengan cara ini, kamu memberikan yang terbaik, yang membuatmu mencapai tujuan lebih cepat. Misalnya, jika kamu ingin meningkatkan nilai dalam mata pelajaran tertentu, kamu perlu meluangkan waktu ekstra untuk mengerjakannya.

2. Bantu Tentukan Prioritas


Saat membuat timetable, kamu memprioritaskan tugas penting yang memerlukan tindakan segera. Misalnya, menyelesaikan tugas dilakukan sebelum sesi belajar atau belajar kelompok. Denganmanajemen waktuyang tepat, kamu bisa meluangkan waktu untuk mengerjakan proyek sebelum melakukan kegiatan lainnya. Ini berarti Anda dapat menyelesaikan tugas-tugas penting tepat waktu karena berhasil menyisihkan waktu untuk mengerjakannya.

3. Selesaikan Lebih Banyak Secara Singkat

Mengalokasikan tugas tertentu pada waktunya sendiri membantumu lebih fokus pada tugas itu. Dengan tetap berpegang pada rencana waktu ini, kamu memiliki peluang yang lebih baik untuk menyelesaikan tugas daripada mengerjakannya tanpa alokasi waktu yang telah ditentukan sebelumnya. Jika kamu tidak mendedikasikan waktu untuk mengerjakannya, maka kemungkinan besar kamu akan lupa menyelesaikannya. Memiliki jadwal yang tepat memungkinkanmu untuk mengalokasikan cukup waktu untuk setiap tugas.

4. Kurangi Stres

Kamu bisa cepet stres kalau memiliki daftar panjang hal-hal yang harus dilakukan dan tidak cukup waktu untuk menyelesaikannya.Manajemen waktuyang tepat memungkinkanmu memprioritaskan tugas dan menanganinya terlebih dahulu. Dengan cara ini, kamu tahu persis apa yang perlu dilakukan dan berapa banyak waktu yang kamu miliki untuk menyelesaikan setiap tugas. Denganmanajemen waktuyang baik, stres dan kecemasanmu akan berkurang.

5. Cegah Penundaan

Procrastination adalah jalan yang mengarah pada stres, frustrasi, dan nilai rendah. Menyisihkan waktu tertentu untuk suatu tugas memberimu motivasi yang dibutuhkan untuk menyelesaikannya. Ini membantu kamu mengatasi kemalasan yang sering menyebabkan penundaan.Manajemen waktuyang tepat juga memungkinkanmu mengalokasikan cukup waktu untuk meneliti atau mendapatkan bantuan untuk menangani tugas tersebut.

6. Tingkatkan Kepercayaan Diri


Mengelola waktu dengan baik memungkinkan kamu menyelesaikan pekerjaan tepat waktu. Ini memunculkan rasa percaya diri dan pencapaian dalam kemampuanmu. Ini dapat berfungsi sebagai motivator untuk meningkatkan keterampilanmanajemen waktumu. Mempelajari keterampilanmanajemen waktuyang tepat juga dapat membantu kamu di luar kuliah nantinya.
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1343 seconds (0.1#10.140)