8 Tips Kuliah Tepat Waktu, Salah Satunya Perhatikan Jumlah SKS Minimal untuk Lulus

Senin, 03 Juli 2023 - 11:48 WIB
loading...
8 Tips Kuliah Tepat Waktu, Salah Satunya Perhatikan Jumlah SKS Minimal untuk Lulus
Para mahasiswa butuh kiat kiat khusus agar bisa lulus tepat waktu. Salah satu tipsnya adalah perlu merencanakan dari awal apa saja mata kuliah yang ingin diambil. Foto/dok Sindonews
A A A
JAKARTA - Simak tips kuliah tepat waktu berikut untuk para mahasiswa. Banyak mahasiswa yang menganggap kuliah hanya sebagai perpanjangan dari sekolah menengah, seperti lulus dari sekolah menengah pertama dan melanjutkan ke sekolah menengah atas. Mereka santai dan tidak menganggap serius kuliah.

Masa kuliah (S1 dan S2) sangat berbeda dengan sekolah. Lulus dengan cepat tergantung seberapa keras kamu belajar dan mengatasi semua tantangan yang ada. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut beberapa tips untuk membantu kamu menyelesaikan kuliah tepat waktu.

1.Motivasi Diri untuk Rajin kuliah

Di perkuliahan, terdapat sistem pengambilan SKS (Satuan Kredit Semester) mata pelajaran. SKS ini bebannya lebih berat. Dengan mengambil satu SKS, berarti kamu harus belajar di kelas selama satu jam, belajar mandiri selama satu jam, dan mengerjakan tugas dalam satu jam.



Jadwal kuliah pun berbeda dengan sekolah yang padat. kamu bisa saja berkuliah pukul 7-9 pagi, kemudian mendapatkan jam kosong hingga pukul 3 sore. Biasanya hal inilah yang membuat seorang mahasiswa kemudian jarang masuk kelas.

Tidak lulus satu mata kuliah selanjutnya dapat memperlambat waktu kelulusan, karena tentunya kmau harus mengambilnya kembali di semester selanjutnya.

2.Tidak Hanya Rajin, Namun Juga Aktif di Kelas

Selain itu menjadi mahasiswa yang bisa menyelesaikan perkuliahan tepat waktu juga dapat dilakukan apabila yang bersangkutan mau menjadi aktif di kelas.

Cara menjadi aktif adalah dengan berpartisipasi dalam kegiatan diskusi, menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diberikan, menyelesaikan tugas dan membantu teman-teman lain untuk belajar memahami materi.

Aktif bertanya tips-tips mengikuti mata kuliah tertentu dari kakak angkatan juga merupakan strategi yang baik agar dapat menyelesaikan perkuliahan tepat waktu.

3.Perhatikan Jumlah SKS Minimal untuk Lulus

Di Indonesia, terdapat peraturan untuk mengambil 144 SKS jika ingin dinyatakan lulus dari suatu program studi. Oleh karena itu, kamu perlu merencanakan dari awal apa saja mata kuliah yang ingin diambil dan pastikan jumlahnya paling tidak 144 SKS.

Hal ini terkadang diabaikan sejumlah mahasiswa, yang kebanyakan mengambil mata kuliah hanya berdasarkan pilihan teman dekat dan ikut-ikutan.

Akibatnya, di tingkat akhir mereka baru menyadari bahwa SKS yang diambil belum cukup sehingga dan harus menambah beberapa semester lagi untuk menutupi kekurangan SKS tersebut.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1937 seconds (0.1#10.140)