Mengenal Spesialis Dokter Gigi dan Pendidikannya, Wajib Tahu!

Selasa, 22 Agustus 2023 - 19:37 WIB
loading...
Mengenal Spesialis Dokter Gigi dan Pendidikannya, Wajib Tahu!
Mengenal spesialis dokter gigi dan jenjang pendidikannya. Foto/SINDOnews.
A A A
JAKARTA - Dokter gig i adalah tenaga medis yang memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan mulut dan gigi seseorang.Artikel ini akan mengulas mengenai spesialis dokter gigi dan pendidikannya.

Dalam dunia kedokteran gigi, terdapat beragam spesialisasi yang membantu dalam menangani berbagai masalah mulut dan gigi yang lebih kompleks.

Setiap spesialis memiliki pengetahuan mendalam dan keterampilan khusus dalam bidang tertentu, yang memungkinkan mereka untuk memberikan perawatan yang lebih terfokus dan efektif.

Untuk lebih mengenal mengenai spesialisasi dokter gigi dan pendidikannya, berikut ini ulasannya.

Perbedaan Dokter Gigi Umum dan Dokter Gigi Spesialis


Perbedaan utama antara dokter gigi umum dan dokter gigi spesialis terletak pada fokus keahlian yang mereka tekuni. Dokter gigi umum memiliki kewenangan untuk merawat dan mengatasi masalah umum yang berkaitan dengan gigi dan mulut, biasanya terkait dengan kasus yang sederhana.

Di sisi lain, dokter gigi spesialis adalah para profesional dokter gigi yang telah menempuh pendidikan lanjutan dalam bidang spesifik, dan mereka memiliki kapabilitas untuk menangani masalah dalam area khusus seperti ortodonti, periodonti, atau konservasi gigi. Keahlian dokter gigi spesialis berfokus pada permasalahan yang lebih kompleks dan terperinci jika dibandingkan dengan dokter gigi umum.

Spesialis Dokter Gigi dan Pendidikannya

1. Spesialis Bedah Mulut (SpBM)


Untuk menjadi seorang dokter Spesialis Bedah Mulut, dokter gigi bisa melanjutkan Pendidikan dokter gigi spesialis bedah mulut selama 10 semester atau sekitar 5 tahun pendidikan.

Baca juga: 9 Peluang Kerja Bidang Kedokteran Selain Dokter Umum dan Gajinya, Apa Saja?

Spesialis ini menggabungkan pengetahuan kedokteran umum, kedokteran gigi, dan bedah untuk mengatasi masalah yang melibatkan struktur anatomi di daerah kepala dan leher.

Spesialis bedah mulut ini menangani pembedahan rahang, mulut, dan wajah. Mereka mengatasi masalah seperti ekstraksi gigi bermasalah, pembedahan rahang, dan pemulihan cedera wajah, operasi bibir sumbing, reposisi tulang rahang dan lain-lain.

2. Spesialis Ortodonti (Sp.Ort)

Orthodontist adalah spesialis yang berfokus pada perawatan gigi yang tidak teratur, celah di antara gigi, dan masalah peregangan rahang. Pendidikan dokter gigi spesialis ortodonsia ditempuh selama 5 semester atau 2,5 tahun masa pendidikan.

Mereka menggunakan alat seperti kawat gigi dan alat penyesuaian lainnya untuk mengoreksi posisi gigi dan rahang agar pasien memiliki senyuman yang lebih sehat dan estetis.

Tugas Sp.Ort biasanya mendiagnosis masalah-masalah seperti gigi yang terlalu berdesakan, gigi yang saling tumpang tindih, maloklusi (ketidaksesuaian gigitan), serta masalah lain yang berhubungan dengan posisi dan relasi gigi dan rahang termasuk perawatannya.

3. Spesialis Periodonsia (Sp.Perio)


Spesialis Periodonsia adalah spesialis dalam perawatan jaringan pendukung gigi, seperti gusi dan tulang rahang. Mereka merawat masalah periodontal seperti gusi berdarah, penyakit gusi, dan pembedahan gusi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1029 seconds (0.1#10.140)