5 Kampus dengan Jurusan Teknik Geofisika Terbaik di Tanah Air, Akreditasi Unggul dan A

Rabu, 23 Agustus 2023 - 11:15 WIB
loading...
5 Kampus dengan Jurusan Teknik Geofisika Terbaik di Tanah Air, Akreditasi Unggul dan A
Sejumlah kampus dengan jurusan Teknik Geofisika terbaik di Indonesia memiliki akreditasi Unggul dan A. Foto/Dok. ITS
A A A
JAKARTA - Ada sejumlah kampus dengan jurusan Teknik Geofisika terbaik di Tanah Air yang memiliki akreditasi Unggul dan A. Salah satunya membuka dari jenjang S1 hingga S3.

Bagi sebagian orang, jurusan Teknik Geofisika mungkin masih terdengar asing. Prodi ini mempelajari aspek-aspek fisik dan dinamik bumi.

Di Indonesia sendiri, sejumlah perguruan tinggi juga sudah membuka jurusan Teknik Geofisika. Beberapa di antaranya telah mendapatkan akreditasi Unggul hingga A. Berikut sejumlah kampus di Indonesia yang memiliki jurusan Teknik Geofisika terbaik.

Kampus dengan Jurusan Teknik Geofisika Terbaik di Indonesia


1. Institut Teknologi Bandung (ITB)


Institut Teknologi Bandung (ITB) merupakan salah satu perguruan tinggi populer di Indonesia. Setiap tahunnya, cukup banyak calon mahasiswa yang mendaftar di berbagai jurusan yang disediakan.

Melihat deretan jurusan kuliah yang dibuka ITB, mereka juga memiliki Teknik Geofisika. Mereka membuka program studi (prodi) Teknik Geofisika di strata S1, S2, dan S3.

Prodi S1 Teknik Geofisika ITB memiliki akreditasi Unggul dari lembaga LAM Teknik dan masih berlaku hingga 20 Desember 2027 mendatang. Sementara itu, untuk strata S2 Teknik Geofisika memiliki predikat Unggul dan jenjang S3 mempunyai akreditasi ‘A’.


2. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)


Tak kalah dengan ITB, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) juga memiliki peminat yang cukup besar setiap tahunnya. Dari sekian banyak jurusan yang dimiliki, mereka juga menyediakan prodi Teknik Geofisika.

Prodi S1 Teknik Geofisika ITS memiliki akreditasi ‘Unggul’ dari BAN-PT. Predikat ini masih berlaku hingga 31 Maret 2024 mendatang.



Selain itu, mereka juga telah mendapatkan akreditasi internasional dari IABEE. Sertifikat tersebut didapat pada tahun 2021 lalu.


3. Universitas Syiah Kuala


Universitas Syiah Kuala adalah perguruan tinggi negeri tertua di Aceh. Mereka telah hadir sejak 2 September 1961 dengan Surat Keputusan Menteri Pendidikan Tinggi dan Ilmu Pengetahuan Nomor 11 tahun 1961, tanggal 21 Juli 1961.

Pada perkembangannya, Universitas Syiah Kuala membuka banyak jurusan kuliah dalam bidang yang berbeda-beda. Salah satunya adalah Teknik Geofisika.

Saat ini, prodi S1 Teknik Geofisika Universitas Syiah Kuala mengantongi akreditasi ‘Unggul’ dari lembaga LAM Teknik. Predikat tersebut masih berlaku hingga 20 April 2028 mendatang.


4. Universitas Lampung


Berikutnya ada Universitas Lampung. Unila juga menjadi salah satu kampus yang memiliki jurusan Teknik Geofisika.

Saat ini, prodi S1 Teknik Geofisika Universitas Lampung memiliki predikat ‘Unggul’ dari lembaga LAM Teknik. Akreditas ini masih berlaku sampai 20 Desember 2027.


5. Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta


UPN Veteran Yogyakarta juga memiliki jurusan Teknik Geofisika. Saat ini, jenjang S1 dari prodi tersebut memiliki akreditasi ‘A’ dari BAN-PT.

Akreditasi tersebut didasarkan pada SK nomor 3879/SK/BAN-PT/Akred/S/X/2019. Masa berlakunya akan habis pada 15 Oktober 2024 mendatang.

Itulah sejumlah kampus dengan jurusan Teknik Geofisika terbaik di Indonesia yang memiliki akreditasi Unggul dan A.
(okt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1028 seconds (0.1#10.140)