Apa Arti dan Singkatan Gelar Lc yang Kerap Ditemukan di Gelar Ustaz?

Jum'at, 25 Agustus 2023 - 16:09 WIB
loading...
Apa Arti dan Singkatan Gelar Lc yang Kerap Ditemukan di Gelar Ustaz?
Arti dan singkatan gelar Lc. Foto/Ilustrasi/Freepik
A A A
JAKARTA - Arti dan singkatan gelar Lc kerap menjadi pertanyaan sebagian orang. Beberapa ustaz atau pendakwah di Indonesia memiliki gelar Lc di belakang namanya. Contohnya, Ustaz Abdul Somad, Lc, Ph.D.

Di tengah beragam gelar pendidikan yang ada, mungkin ada yang belum begitu familiar dengan singkatan Lc.

Lc merupakan singkatan dari "Licentiate" dalam konteks pendidikan tinggi. Gelar pendidikan ini memiliki makna dan peran tersendiri dalam dunia akademik dan profesional.

Berikut ulasan mengenai arti dan singkatan Lc.

Arti dan Singkatan Gelar Lc


Gelar Lc adalah singkatan dari Licentiate. Istilah ini berasal bahasa Latin, tepatnya dari kata "licentia" yang mengandung makna kebebasan.

Ada juga pandangan lain yang menghubungkan istilah "Licentiate" dengan bahasa Inggris, yakni "license" yang berarti lisensi.



Lc merupakan gelar akademik yang ada di banyak negara, mewakili tingkat pendidikan yang berbeda. Gelar ini mungkin serupa dengan gelar master di universitas Eropa, Amerika Latin, dan Suriah.

Licentiate atau gelar Lc sebenarnya memiliki kesamaan dengan gelar sarjana strata 1 di Indonesia. Gelar ini sejajar dengan tingkat pendidikan sarjana. Di beberapa negara, gelar Lc juga dikenal sebagai Bakalurios atau Bachelor.

Perlu ditegaskan bahwa gelar tersebut memiliki cakupan yang luas. Tidak hanya terbatas pada lulusan syariah dan bahasa Arab, melainkan juga mencakup lulusan dari bidang lain seperti Hukum, Ekonomi dan juga Teknik.

Gelar Lc biasanya diperoleh oleh mahasiswa yang mengejar pendidikan di Timur Tengah, termasuk negara-negara seperti Mesir, Arab Saudi, Qatar dan Lebanon. Namun, perlu dicatat bahwa gelar ini tidak memiliki korelasi dengan bahasa Arab.

Itulah ulasan mengenai arti dan singkatan gelar Lc yang biasa ditemukan di belakang nama seorang Ustaz. Semoga informasi ini dapat bermanfaat.
(okt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0966 seconds (0.1#10.140)