Fakultas Kedokteran Universitas Swasta Favorit di Yogyakarta, Ada Kampus Idamanmu?

Senin, 28 Agustus 2023 - 08:44 WIB
loading...
Fakultas Kedokteran Universitas Swasta Favorit di Yogyakarta, Ada Kampus Idamanmu?
Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta merupakan salah satu kampus swasta dengan jurusan Kedokteran favorit di Kota Yogyakarta. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ini daftar Fakultas Kedokteran Universitas swasta favorit di Yogyakarta. Kuliah di Fakultas Kedokteran menjadi impian banyak calon mahasiswa. Mendaftar di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) selalu menjadi prioritas studi di fakultas Kedokteran.

Hanya saja terkadang mendaftar di PTN bukan perkara mudah karena ketatnya persaingan yang ada. Karena faktor itulah, universitas swasta bisa menjadi alternative mendaftar Fakultas Kedokteran. Selain persaingannya tak seketat PTN, kuliah di Fakultas Kedokteran univesritas swasta juga banyak pilihannya. Dirangkum dari berbagai sumber, ini daftar universitas swasta dengan jurusan Kedokteran favorit di Yogyakarta.

Universitas Swasta di Yogyakarta dengan Fakultas Kedokteran Favorit

1. Universitas Islam Indonesia


Universitas Islam Indonesia atau yang disebut dengan UII ini berlokasi di Jalan Kaliurang KM. 14,5 Yogyakarta. Selain sudah mengantongi akreditasi A dari BAN-PT, Fakultas Kedokteran yang dimiliki oleh Universitas Islam Indonesia juga telah mendapatkan pengakuan dari QS World University Rankings.

Pendidikan Kedokteran yang dimiliki oleh Universitas Islam Indonesia ini juga menyelenggarakan program
m pembelajaran dengan menggunakan metode PBL atau problem based learning. Dengan system ini, mahasiswa pun akan menjadi pusat pembelajarannya.

2. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta


Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Yogyakarta berlokasi di Jalan Lingkar Selatan Geblagan, Bantul, Yogyakarta. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta atau yang sering disebut dengan UMY ini memiliki Fakultas Kedokteran Umum, dan Kedokteran Gigi.

Baca juga:10 Universitas dengan Fakultas dan Jurusan Kedokteran Terbaik di Indonesia

Untuk program studinya sendiri terdiri dari Pendidikan Dokter, Pendidikan Dokter Gigi, Ilmu Keperawatan, dan Farmasi. Program Pendidikan Dokter yang ada di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta ini dibagi menjadi dua bagian, yakni Program Sarjana Kedokteran, dan Program Profesi Dokter.

Jika memang kamu ingin mendapatkan gelar dokter, maka kamu harus menyelesaikan kedua program tersebut. Program Studi Kedokteran yang ada di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta ini memiliki sebuah komitmen. Dimana UMY ini ingin lebih unggul dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi kedokteran yang didasarkan pada nilai-nilai Islam.

3. Universitas Ahmad Dahlan

Fakultas Kedokteran di Yogyakarta selanjutnya adalah Universitas Ahmad Dahlan. Universitas Ahmad Dahlan yang sering disebut dengan UAD terletak di Jalan Universitas Ahmad Dahlan Kampus 4, Kragilan, Tamanan, Bantul, DI Yogyakarta.

Fakultas Kedokteran yang ada di Universitas Ahmad Dahlan ini telah berdiri dan melaksanakan segala kegiatan pembelajarannya sejak tahun 2018 lalu. Memang, Universitas Swasta Yogyakarta yang satu ini terbilang masih baru.

Ada dua program studi yang ditawarkan, yakni Kedokteran, dan Program Profesi Pendidikan Dokter. Perlu kamu ketahui, bahwa Fakultas Kedokteran di Universitas Swasta Yogyakarta yang ada di Universitas Ahmad Dahlan ini terakreditasi C karena memang merupakan program studi baru dan masih dalam proses pengajuan akreditasi ke BAN-PT.

4. Universitas Kristen Duta Wacana


Fakultas Kedokteran terakhir adalah Universitas Kristen Duta Wacana. Fakultas Kedokteran yang ada di Universitas Kristen Duta Wacana ini berlokasi di Jalan Dr. Wahid Sudirohusodo nomor 5 -25, Kotabaru Gondokusuman, Yogyakarta.

Fakultas Kedokteran yang dimiliki oleh Universitas Kristen Duta Wacana ini berada di pusat kota Yogyakarta. Universitas ini pertama kali dioperasikan pada tahun 2009 lalu. Meskipun terbilang baru, namun Universitas Kristen Duta Wacana ini sudah tidak perlu diragukan lagi kualitasnya karena sudah mengantongi akreditasi B dari BAN-PT.

Program Studi Pendidikan Dokter yang ada di Universitas Kristen Duta Wacana ini merupakan program studi yang mendidik dan mempersiapkan mahasiswanya untuk bisa menyelesaikan studinya dalam waktu 4 tahun untuk menjadi seorang Sarjana Kedokteran.

Program studi yang sudah dimulai tahun 2009 ini memiliki kurikulum pembelajaran berbasis problem. Selain itu, Universitas Kristen Duta Wacana ini juga menerapkan kurikulum dengan melakukan pendekatan “student center learning”.
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2171 seconds (0.1#10.140)