Apakah Sarjana Terapan Bisa Melanjutkan S2? Ini Penjelasannya

Selasa, 29 Agustus 2023 - 13:21 WIB
loading...
Apakah Sarjana Terapan Bisa Melanjutkan S2? Ini Penjelasannya
Sarjana Terapan juga memiliki kesempatan yang sama dengan lulusan S1. Foto/Freepik
A A A
JAKARTA - Sarjana Terapan atau Diploma Empat (D4) menjadi salah satu jenjang pendidikan yang sering dijumpai di Tanah Air. Jenjang D4 ini sering disetarakan dengan program Sarjana (S1).

Diploma Empat (D4) bisa diartikan sebagai pendidikan vokasi yang mempersiapkan mahasiswa untuk menjadi praktisi terampil ketika memasuki dunia kerja sesuai bidangnya masing-masing.

Dalam penyebutannya, D4 kerap disebut sebagai sarjana terapan. Jenjang pendidikan ini memerlukan waktu sekitar 4 tahun dengan menyelesaikan 144 SKS. Jika melihat perbedaannya dengan jenjang S1, D4 lebih mempelajari ilmu-ilmu praktik atau ilmu-ilmu terapan.

Lantas, apakah lulusan D4 atau Sarjana Terapan bisa melanjutkan ke jenjang S2 seperti halnya lulusan S1?

Apa Sarjana Terapan Bisa Lanjut S2?


Jawabannya adalah bisa. Layaknya lulusan S1, lulusan D4 atau Sarjana Terapan juga berkesempatan melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Dalam hal ini, misalnya jenjang Magister atau S2.



Lulusan D4 atau Sarjana Terapan bisa melanjutkan studinya ke jenjang S2 dengan memperhatikan ketentuan masing-masing perguruan tinggi tujuan. Sebagai contoh, biasanya ada sebagian kampus yang mengharuskan lulusan D4 untuk menjalani program matrikulasi terlebih dahulu.

Terlepas dari itu, saat ini juga mulai bermunculan program studi yang memang dikhususkan untuk jenjang S2 Terapan. Jadi, para lulusan D4 yang berminat melanjutkan pendidikannya bisa melanjutkan pada program sejenis tersebut.

Jadi, dapat dipahami bahwa lulusan Diploma Empat (D4) atau Sarjana Terapan juga memiliki kesempatan yang sama dengan lulusan S1. Mereka bisa melanjutkan studinya ke jenjang yang lebih tinggi seperti S2.

Hanya saja, para lulusan Sarjana Terapan yang ingin lanjut S2 perlu memperhatikan ketentuan atau aturan yang diputuskan perguruan tinggi terkait. Jika syarat-syaratnya telah dipenuhi sepenuhnya, mereka bisa melanjutkan studi tanpa halangan.
(okt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0996 seconds (0.1#10.140)