Kemenag Buka Peluang Beasiswa untuk Disabilitas Kuliah ke Amerika

Selasa, 29 Agustus 2023 - 15:38 WIB
loading...
Kemenag Buka Peluang Beasiswa untuk Disabilitas Kuliah ke Amerika
Kemenag buka peluang beasiswa untuk disabilitas agar bisa kuliah di Amerika Serikat. Foto/Freepik.
A A A
JAKARTA - Kementerian Agama tengah menjajaki peluang memberikan beasiswa kuliah bagi sahabat disabilitas untuk bisa lanjut studi ke perguruan tinggi di Amerika Serikat. Penjajakan ini dibahas bersama oleh Dirjen Pendidikan Islam Ali Ramdhani dengan Konsul Jenderal RI di New York, Winanto Adi di Amerika Serikat.

“Hari ini kami berdiskusi dengan Konjen RI di New York dan dia bersedia menjadi jembatan bagi kita untuk melakukan kolaborasi penyelenggaraan pendidikan. Kami akan menjajaki kerja sama dengan salah satu universitas terkemuka di Amerika, yakni Rochester Institute of Technology, terkait peluang memberikan akses beasiswa pendidikan bagi sahabat disabilitas, khususnya tuli,” ujar M Ali Ramdhani, dikutip dari laman Kemenag, Selasa (29/8/2023).

Dirjen Ali menambahkan, pihaknya akan melakukan peninjauan kampus untuk melihat fasilitas di kampus tersebut. “Semoga ke depan kita bisa bekerja sama agar janji konstitusi bahwa pendidikan untuk semua bisa dihadirkan Kemenag, termasuk menyentuh mereka yang menyandang disabilitas,” sambungnya.

Baca juga: Beasiswa Teladan Kembali Dibuka, Ini Syarat dan Link Pendaftarannya

Kunjungan Dirjen Pendidikan Islam beserta rombongan ke Konjen RI di New York untuk menyampaikan kedatangan 67 Mahasiswa peserta MORA Overseas Student Mobility Awards (MOSMA), program Kementerian Agama dalam implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka.

MOSMA adalah program mobilitas fisik yang memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk belajar di perguruan tinggi luar negeri. Program ini berlangsung selama 1 semester dengan durasi maksimal 6 bulan. Melalui program ini, mahasiswa mendapatkan kredit yang dapat dikonversi ke dalam SKS (Satuan Kredit Semester) di kampus asal.
“67 pelajar ini menerima beasiswa kuliah satu semester yang tersebar pada lima Perguruan Tinggi di Amerika Serikat, yaitu: Columbia University, Rochester Institute of Technology, Buffalo State University, Temple University, dan York College of Pennsylvania,” jelasnya.

Dirjen Pendidikan Islam mengharap dukungan dari KJRI di New York untuk memberikan pembinaan, pendampingan, dan pelindungan kepada mereka agar dapat belajar dengan maksimal.

Baca juga: 6 Beasiswa Eropa yang Banyak Diincar Mahasiswa Indonesia, Cek Daftarnya di Sini

Konjen RI New York, Winanto Adi, menyambut baik kedatangan para mahasiswa Perguruan Tinggi Keagamaan (PTK) binaan Kementerian Agama yang meraih beasiswa MOSMA dan akan tinggal selama 1 semester di AS. Winanto juga menyambut kedatangan Dirjen Pendidikan Islam bersama delegasi.

“Kami senang dan menyambut baik kehadiran penerima beasiswa MOSMA di New York. Ini merupakan program yang strategis dalam rangka peningkatan mutu SDM bangsa Indonesia,” ujarnya.

Konjen menegaskan komitmennya untuk mendukung program MOSMA. KJRI di New York juga siap bersinergi dengan Kemenag untuk memberikan pembinaan, pelindungan, serta melakukan monitoring dan evaluasi sebelum program berakhir.

Konjen menyambut baik dan mendorong rencana menjajaki kerja sama antara Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri (PTKN) dengan Rochester Institute of Technology (RIT) dalam bidang manajemen pendidikan inklusif.

Menurutnya, RIT merupakan salah satu perguruan tinggi rujukan nasional dalam bidang pusat pengembangan pendidikan bagi tunarungu di Amerika Serikat. RIT telah mendirikan dan mengembangkan National Technical Institute for the Deaf (NTID).
“Kami di KJRI New York juga siap memfasilitasi Kemenag untuk menjalin kerja sama dengan berbagai kampus terkemuka di AS,” pungkasnya.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1281 seconds (0.1#10.140)