Menjadi Mahasiswa Berprestasi Sesulit Apa? Ini Strateginya

Rabu, 30 Agustus 2023 - 15:24 WIB
loading...
Menjadi Mahasiswa Berprestasi Sesulit Apa? Ini Strateginya
Menjadi mahasiswa berprestasi di universitas tentu merupakan hal yang positif dan membanggakan. Untuk meraih status itu dibutuhkan sejumlah strategi, salah satunya punya manajemen waktu yang baik. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ini tips dan strategi menjadi mahasiswa berprestasi. Menjadi mahasiswa berprestasi di universitas tentu merupakan hal yang positif dan membanggakan. Karena perkuliahan adalah jenjang pendidikan di mana kamu sudah mulai matang untuk fokus pada masa depan.

Seperti yang diketahui, kuliah itu sangat penting dalam memberikan pengalaman, meningkatkan pengetahuan, serta skills yang akan . Apalagi perguruan tinggi adalah tempat untuk memberikanmu bekal dalam menghadapi era globalisasi ini. Lalu, bagaimana cara menjadi mahasiswa berprestasi? Untuk mewujudkannya, artikel kali ini akan mengulasnya untuk kamu.

Tips Menjadi Mahasiswa Berprestasi


Kesuksesan pun tidak akan datang secara instan dalam kehidupan kita. Semuanya perlu proses serta kemauan untuk bersungguh-sungguh dalam meraihnya. Sama halnya dengan berusaha menjadi seorang mahasiswa berprestasi di kampus. Kamu tentu saja perlu proses, usaha, serta tak lupa diimbangi dengan doa. Untuk membantu memudahkan kiat-kiatmu dalam meraih kesuksesan, berikut ini beberapa rekomendasi cara menjadi mahasiswa berprestasi yang bisa kamu coba lakukan:

1. Buatlah Target Belajarmu Harian, Mingguan, Bulanan, Tahunan


Menjadi seorang mahasiswa yang berprestasi tidaklah mudah, ada proses di dalamnya. Maka dari itu kamu membutuhkan rencana matang yang bersifat berkelanjutan demi mewujudkannya. Salah satu hal yang harus kamu rencanakan adalah cara belajarmu, dengan membuat target-target dengan jangka waktu tertentu.

Misalkan kamu bisa mencoba dulu target belajar dalam sehari kamu harus bisa mempelajari 10 halaman modul perkuliahan. Kalau tidak sanggup maka bisa mulai pelan-pelan terlebih dahulu, misalkan mulai dari 2 halaman.

2. Atur Waktu dengan Baik


Setelah kamu mengatur target belajar, langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah mengatur waktu dengan baik. Kamu harus bisa mengatur waktu antara makan, tidur, mandi, dan belajar sesuai dengan kebutuhan.

Jangan sampai karena ambisi mengejar prestasi membuat kondisi tubuh kamu jadi buruk, entah karena kecapekan belajar atau kurang tidur! Namun karena hal ini, bukan berarti kamu jadi lebih meregangkan waktu buat belajar,

3. Konsisten Terhadap Target


Tips menjadi mahasiswa berprestasi selanjutnya bisa dibilang sulit dilakukan. Suka atau tidak, serapih apapun rencana kamu, kalau tidak dijalani dengan konsisten, maka akan berantakan.



Banyak sekali orang-orang yang gagal menjadi mahasiswa berprestasi karena tidak konsisten terhadap komitmen yang mereka buat. Padahal kebanyakan sudah sedemikian rupa membuat rencana tetapi berhenti di tengah jalan atau bahkan tidak menjalaninya sama sekali.

4. Jangan Kuliah Sambil Bekerja


Setiap manusia pasti mempunyai batasan, baik secara waktu, tubuh, dan pikiran mereka. Kuliah sambil bekerja memang sesuatu yang sangat menarik, tetapi akan sangat sulit dan hampir mustahil kalau kamu juga ingin menjadi mahasiswa yang berprestasi.

Kalau kamu kuliah sambil bekerja, maka otomatis kamu hampir atau bahkan tidak punya waktu untuk belajar. Lalu mungkin saja tenaga dan pikiranmu juga sudah terkuras habis setelah capek bekerja dan kuliah seharian.

Walaupun ada beberapa yang sanggup untuk melakukan hal ini. Tetapi jangan kamu ikutan berasumsi hal ini bisa dilakukan cukup dengan manajemen waktu yang baik, padahal pada praktiknya sangat tidak realistis.

5. Sering Review dan Belajar Mandiri


Menyimak kuliah saat di kelas saja tidak akan cukup untuk menjadi seorang mahasiswa berprestasi. Kamu harus benar-benar memahami materi yang diberikan oleh dosen mu. Dengan membuat catatan tersendiri untuk pelajaranmu, kamu bisa me-reviewnya kembali agar tetap on track dan menyerap ilmunya berulang-ulang.

Selain itu, kamu juga perlu inisiatif dalam belajar kembali secara saat sudah di rumah. Dengan begitu, pemahamanmu akan semakin matang karena saat belajar mandiri kamu akan melatih kemampuan problem solving serta berpikir secara logis dan analitis.

6. Berkomunikasi dengan Dosen


Tips untuk menjadi mahasiswa berprestasi selanjutnya ialah berkomunikasi dengan dosen atau profesor yang mengajar kamu. Hal ini akan membantumu sukses mulai dari masa studi hingga bahkan setelah lulus. Dosen tentunya memiliki pengetahuan profesional di bidang yang kamu pelajari.

Jadi, ketika kamu memiliki pertanyaan ataupun permasalahan terkait bidang studimu, jangan ragu, tanyakan saja! Mereka pasti selalu bersedia membantumu. Setelah kamu memahami pembelajaran yang ada dalam bidang studimu, kamu bisa menyelesaikan penugasan ataupun ujian dengan mudah.

7. Perluas Jaringan Pertemanan


Ketika berkuliah, kamu tidak hanya memperluas pengetahuan mengenai bidang tertentu, namun kamu juga berkembang secara pribadi. Jalinlah pertemanan dengan banyak teman-teman dari latar belakang yang berbeda.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4717 seconds (0.1#10.140)