Apakah Bachelor’s Degree dan Sarjana Sama Atau Beda? Mana yang Lebih Unggul?

Kamis, 31 Agustus 2023 - 13:01 WIB
loading...
Apakah Bachelor’s Degree dan Sarjana Sama Atau Beda? Mana yang Lebih Unggul?
Gelar Bachelor’s Degree sering disamakan dengan Sarjana di Indonesia padahal keduanya memiliki banyak perbedaan. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Apa itu Bachelor’s Degree? Apakah Bachelor’s Degree sama dengan sarjana? Kalau tidak lantas di mana perbedaanya keduanya? Berondongan pertanyaan itu wajar dikemukakan kamu yang mempelajari perbedaan sistem pendidikan di Indonesia dan di luar negeri, termasuk gelar-gelar lulusan perguruan tingginya.

Bagi kamu yang sudah menyelesaikan pendidikan tingkat SMA dan ingin kuliah, mungkin akan asing mendengar istilah Bachelor Degree. Gelar Bachelor’s Degree sering disamakan dengan Sarjana di Indonesia.

Salah satu yang memperkuat pendapat itu adalah penulisan gelar Bachelor Degree sama dengan S1 di Indonesia, yaitu di belakang nama, Apakah memang demikian? Bachelor’s Degree sama dengan Sarjana? Artikel kali ini akan membahas seputar Bachelor’s Degree, gelar universitas luar negeri lain dan juga perbedaanya dengan Sarjana.

Apa Artinya Bachelor Degree?

Bachelor degree (Baccalaureate Degree) adalah gelar akademik Sarjana (S1) dalam sistem pendidikan luar negeri yang di berikan bagi orang yang menyelesaikan studi selama tiga hingga enam tahun.

Perbedaan gelar sarjana indonesia dengan luar negeri hanyalah sebutannya saja. Namun, gelar akademik untuk sarjana di Indonesia dan luar negeri ternyata penulisannya banyak yang beda-beda.

Sama seperti gelar sarjana di Indonesia, gelar Bachelor’s Degree pun juga terdiri dari beberapa bidang ilmu, seperti BA untuk sarjana seni, BSc untuk sarjana sains, hingga BEng untuk sarjana keteknikan.



Biasanya dibutuhkan waktu tiga hingga enam tahun untuk menyelesaikan kuliah Bachelor Degree secara penuh. Jangan bingung ya karena beberapa negara menyebut gelar ini sebagai undergraduate degree, yang juga setara dengan pendidikan Sarjana Strata 1 alias S1.

Kalau kamu berencana studi di Inggris, pasti bakal familiar dengan istilah honours degree (Hons) yang artinya Bachelor Degree dengan muatan studi yang lebih besar dan memiliki standar kelulusan lebih tinggi.

Perbedaan Bachelor Degree dengan Sarjana di Indonesia

1. Durasi Studi


Salah satu perbedaan utama antara kedua gelar tingkat sarjana ini adalah durasi studinya. Gelar Bachelor’s Degree biasanya memakan waktu sekitar 3 hingga 4 tahun tergantung pada program studi dan negara tempat studi.

Di sisi lain, gelar sarjana di Indonesia umumnya memiliki durasi studi antara 3 hingga 5 tahun tergantung pada program dan universitas yang dituju. Perbedaan ini disebabkan oleh struktur kurikulum dan persyaratan pendidikan yang berbeda antara sistem pendidikan di luar negeri dan di Indonesia.

2. Kurikulum dan Mata Kuliah


Perbedaan lainnya terletak pada kurikulum dan mata kuliah yang ditawarkan. Gelar Bachelor Degree cenderung menawarkan kurikulum yang lebih luas dan fleksibel, memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mengeksplorasi berbagai disiplin ilmu.

Mahasiswa dapat memilih mata kuliah pilihan yang menarik minat mereka di luar mata kuliah inti. Di sisi lain, gelar sarjana di Indonesia memiliki kurikulum yang lebih terstruktur dan terfokus. Pelajaran yang diajarkan cenderung lebih spesifik sesuai dengan program studi yang dipilih.

3. Pengakuan Internasional


Salah satu keuntungan utama memperoleh gelar Bachelor Degree adalah pengakuan internasional yang lebih luas. Gelar ini diakui di berbagai negara di seluruh dunia, memberikan fleksibilitas dalam mencari peluang karir global.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3169 seconds (0.1#10.140)