Contoh Resume Tugas Kuliah serta Cara Membuatnya yang Benar, Berikut Strateginya

Senin, 04 September 2023 - 10:19 WIB
loading...
Contoh Resume Tugas Kuliah serta Cara Membuatnya yang Benar, Berikut Strateginya
Salah satu tugas kuliah dari dosen yang biasanya diberikan kepada mahasiswa adalah me-resume. Salah satu tips agar hasil resume bagus adalah terlebih dulu membaca naskah asli meteri dari dosen sebelum membuat resume. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ini contoh-contoh resume tugas kuliah serta tips cara membuatnya yang benar. Kuliah merupakan waktu yang tepat untuk belajar mengenai banyak hal, baik saat di dalam maupun di luar kelas.

Namun, untuk keperluan akademik sendiri, membaca materi dan mengerjakan tugas menjadi bagian dari rutinitas yang dilaksanakan sehari-hari.Salah satu tugas kuliah yang sering diberikan dosen kepada mahasiswa adalah resume materi yang sudah diberikan dosen. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini contoh-contoh resume tugas kuliah dan tips bagaimana cara membuatnya

Tips Cara Menulis Resume Tugas Kuliah


Bagi seorang mahasiswa, resume merupakan tugas utama yang bisa ditemui kapan saja. Bahkan tidak jarang ada banyak mata kuliah yang membutuhkan kamu untuk melakukan resume dari bacaan tertentu. Berikut ini akan dijelaskan mengenai apa saja cara yang bisa kamu lakukan untuk membuat resume.

1. Membaca dan Memahami Isi Naskah Asli


Cara pertama yang penting dilakukan yaitu kamu harus membaca naskah atau sumber bacaan terlebih dahulu.Lakukan hal ini sampai selesai dan jika perlu, ulangi lagi dari awal agar kamu semakin dalam memahami isinya. Saat kamu sudah benar-benar paham isi naskahnya, maka resume bisa menjadi lebih mudah untuk ditulis.

2. Menentukan dan Mencatat Gagasan Utama


Cara kedua yaitu kamu perlu untuk menentukan serta mencatat gagasan utama atau pokok apa saja yang ditemui di dalam naskah bacaan. Gagasan utama merupakan pikiran utama yang dimiliki oleh sebuah teks bacaan. Agar kamu bisa menemukan gagasan utama tersebut, maka perlu memahami isi dari naskah bacaan yang sedang dikerjakan.


3. Menuliskan Resume


Setelah kamu menuliskan gagasan utama, cara selanjutnya yaitu mencoba untuk menulis resume dari naskah tersebut. Kamu bisa memulai dari gagasan utama paling awal yang didapatkan dan ada pada naskah. Jika diperlukan, kamu bisa menggunakan gambaran umum untuk membantu menulis resume tersebut.

4. Membaca Kembali Tulisan dan Evaluasi


Setelah selesai menulis resume, kamu bisa membacanya kembali untuk melakukan evaluasi. Cara ini akan membantu kamu untuk bisa mengoreksi kesalahan yang dimiliki dalam penulisan resume diawal. Perhatikan dengan teliti terkait ejaan, penggunaan tanda baca yang benar, hingga susunan dari gagasan utamanya. Pastikan bahwa informasi yang disampaikan dalam resume bisa jelas dan mudah untuk dipahami.

Contoh Resume Tugas Kuliah


Untuk contoh ini merupakan resume dari data pertumbuhan ekonomi di Indonesia yang didapatkan pada kuartal I sampai IV tahun 2012.

A. Pengertian


Pertumbuhan ekonomi merupakan kegiatan ekonomi yang menjadi penyebab dari adanya pertumbuhan barang dan jasa agar bisa meningkatkan kemakmuran masyarakatnya. Fenomena ini juga dikenal sebagai masalah ekonomi makro berjangka panjang jika dilihat dari sisi lingkup perekonomian.


Reproduksi barang dan jasa yang terjadi tidak selalu berdampingan dengan pertambahan yang besar pada keduanya. Produksi ini justru bisa berpotensi membuat kesamaan yang cukup besar antara barang dan jasa yang tersedia sebelumnya. Hal ini berakibat pada pertumbuhan ekonomi yang lebih melambat.

B. Dasar Kenaikan Pertumbuhan Ekonomi


Pertumbuhan ekonomi bisa dilihat dari Gross Domestic Product (GDP) atau disebut sebagai Produk Domestik Bruto. GDP didapatkan dari pengeluaran yang dilakukan oleh pihak negara. Nilai GDP dapat mengalami peningkatan yang dipengaruhi oleh produktivitas, SDM, dan daya tawar terhadap tenaga kerja.

C. Manfaat Pertumbuhan Ekonomi


Manfaat yang dimiliki dari terjadinya pertumbuhan ekonomi berpengaruh terhadap ukuran kemajuan dari ekonomi pembangunan.Pendapatan perkapita bisa digunakan untuk melihat bagaimana peningkatan yang terjadi terhadap kemakmuran masyarakat.

D. Faktor Pertumbuhan Ekonomi di Indonesia


Jika dilihat secara umum, faktor yang memiliki pengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi yang terjadi di Indonesia diantaranya:

1. Keuangan negara
2. Produksi
3. Kebijakan moneter dan fiskal
4. Pertumbuhan neraca pembayaran
5. Perdagangan luar negeri

E. Pertumbuhan Ekonomi di Indonesia Pada Tahun 2012


Pada tahun 2012, secara menyeluruh Indonesia memiliki pertumbuhan sejak awal tahun sebesar 6,23%. Pertumbuhan ini masih lebih rendah dari angka yang ditetapkan pada APBN-P untuk mencapai pertumbuhan ekonomi tertentu. Hal ini karena adanya penurunan dari sektor pertanian dan pengeluaran rumah tangga. Secara keseluruhan, Indonesia mengalami pertumbuhan ekonomi yang terbilang baik pada tahun itu.
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1795 seconds (0.1#10.140)