8 Cara Menulis Balasan Email Panggilan Interview Kerja yang Baik dan BenarJuga Contohnya

Selasa, 05 September 2023 - 10:53 WIB
loading...
8 Cara Menulis Balasan Email Panggilan Interview Kerja yang Baik dan BenarJuga Contohnya
8 cara menulis balasan email panggilan kerja yang baik dan benar. Foto/Shutterstock.
A A A
JAKARTA - Email panggilan interview kerja disetujui apakah harus dibalas? Jika tidak dibalas apakah boleh? Tentu saja, jika kita menerima balasan email lamaran kerja yang sudah kamu kirim sebelumnya alangkah baiknya dibalas.

Jika tidak dibalas boleh saja, akan tetapi sebagai respon kalau kamu memang benar-benar sudah menerima atau membaca email balasan tersebut, dan juga sebagai bentuk rasa terimakasih kamu karena sudah diberi kesempatan untuk lanjut ke tahap selanjutnya atau tahap interview.

Banyak orang yang bingung atau takut salah buat membalas email balasan lamaran kerja disetujui oleh HRD. Bagaimana cara menulis email balasan yang benarnya?

Ayo kita simak dan pelajari 8 cara menulis balasan email panggilan interview kerja yang baik dan benar, beserta contohnya.

Ketika kamu sudah menerima balasan email dari HRD untuk melakukan interview kerja, berikut ini merupakan hal-hal yang perlu kamu lakukan.

Baca juga: Menag Optimistis KSM 2023 Hasilkan Siswa Berprestasi Kelas Dunia

8 Cara Menulis Balasan Email Panggilan Interview Kerja

1. Selalu balas secepatnya!


Untuk menunjukkan antusiasme kamu yang dapat kamu lakukan adalah dengan membalas email panggilan interview dengan sesegera mungkin, setelah di saat kamu menerima email tersebut.

2. Perhatikan struktur, bahasa, dan tidak bertele-tele


Balas email tersebut dengan bahasa yang baik dan sopan, gunakan kalimat yang efektif dan tidak bertele-tele. Serta gunakan struktur email yang baik dan benar, dimulai dari salam pembuka, isi/inti pembahasan, dan penutup. Hal ini dilakukan agar email kamu tampak profesional.

3. Subjek email yang jelas


Dipastikan untuk subjek email selalu yang mencerminkan pada isi dari email tersebut. Contohnya: “Balasan Undangan Interview Kerja_(nama lengkap)” atau bisa juga ditambah dengan nama perusahaannya.

Baca juga: Angkat Isu Perdamaian, Kemendikbudristek Gelar Festival Budayaw IV

4. Ucapkan terima kasih


Pada bagian isi/body email pastikan kamu ucapkan terima kasih karena telah memberikan kesempatan/peluang untuk bisa masuk ke tahap interview kerja di perusahaan tersebut.

5. Konfirmasi kehadiran


Jelaskan juga kalau kamu dapat menghadiri interview kerja pada hari dan tanggal yang telah ditentukan.

6. Tanyakan keperluan interview


Untuk menjalankan tahapan lebih lanjut, perlu dipastikan dan tanyakan juga terkait keperluan yang harus disiapkan pada saat interview kerja nanti.

7. Berikan alternatif jadwal apabila reschedule


Ketika pada jadwal interview kerja yang telah ditentukan perusahaan kamu tidak bisa hadir karena bentrok dengan jadwal penting lainnya, alangkah baiknya kamu sampaikan dengan sopan agar bisa menjadi pertimbangan.

8. Menambahkan informasi kontak


Selanjutnya, pada bagian akhir email, cantumkan nama dan kontakmu yang masih aktif, dan untuk kontak kamu bisa menuliskan alamat email dan nomor telepon kamu.

Contoh balasan email panggilan interview kerja yang baik dan benar.

Yth, Bapak Agus

Terima kasih telah menghubungi dan memberikan saya kesempatan untuk mengikuti interview kerja pada posisi Production Office di PT …. (nama pt).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0923 seconds (0.1#10.140)