Berminat Jadi Perawat? Segini Gajinya Lulusan S1 dan D3 di Indonesia

Selasa, 05 September 2023 - 11:12 WIB
loading...
Berminat Jadi Perawat? Segini Gajinya Lulusan S1 dan D3 di Indonesia
Bagi kamu yang berminat menjadi perawat, sarjana perawatan dengan tingkat diploma 2 (D3) atau Sarjana (S1) memiliki gaji bervariasi. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ternyata segini gaji perawat lulusan S1 dan D3 di Indonesia. Bekerja dalam bidang kesehatan bisa menjadi impian yang dimiliki oleh banyak masyarakat Indonesia, kamu mungkin salah satu yang termasuk di dalamnya

Perlu untuk kamu pahami bahwa untuk menjadi seorang perawat membutuhkan program pendidikan tertentu agar bisa mendapatkan izinnya. Kedua program pendidikan yang biasa ada dan perlu untuk dilalui terlebih dahulu yaitu sarjana perawatan dengan tingkat diploma 2 (D3) atau Sarjana (S1).

Terkait dengan besaran dari gaji perawat yang ada biasanya ditentukan oleh lingkup profesi yang ingin kamu ambil nantinya. Berikut ini terdapat daftar dari lingkup profesi untuk perawat dan besaran gaji yang biasanya diberikan untuk bisa kamu pahami lebih lanjut.

Estimasi Besar Gaji Perawat di Indonesia Berdasarkan Jenis Pekerjaan

1. Perawat Rumah Sakit


Kamu bisa bekerja pada ruang lingkup satu ini selama memiliki sertifikat kelulusan dari jenjang D3 maupun S1. Selain itu, nantinya kamu juga akan membutuhkan surat kompetensi resmi atau Surat Tanda Registrasi (STR) yang telah dikeluarkan secara resmi dari pihak pemerintah. Sekarang ini pembuatannya lebih mudah untuk dilakukan karena bisa melalui online.

Dalam pembuatan STR ini, kamu perlu untuk menyerahkan ijazah kelulusan dan melakukan registrasi untuk permintaan surat melalui website resmi Kemenkes.



Setelah kamu berhasil mendapatkan STR ini, nantinya kamu bisa menentukan jenis rumah sakit yang ingin untuk dituju. Misalnya seperti rumah sakit dengan pelat merah, negeri, swasta, bahkan juga rumah sakit yang berada di luar negeri. Terkait dengan gaji perawat untuk yang bekerja di rumah sakit ini biasanya berkisar dari angka Rp4 juta hingga Rp7 juta.

2. Perawat Puskesmas


Jenis ruang lingkup kedua bagi perawat yaitu bekerja sebagai tenaga kesehatan di Puskesmas. Jika dilihat dari hasil asesmen yang dilakukan oleh Tim Nusantara Sehat dari Kementerian Kesehatan, gaji perawat di Puskesmas untuk per bulannya yaitu berkisar pada angka Rp2.250.148.

Namun, penghasilan ini bukanlah menjadi satu-satunya pemasukan yang bisa didapatkan oleh perawat itu sendiri. Ada beberapa penghasilan yang bisa untuk diperoleh di luar gaji pokok yang ada tersebut. Beberapa penghasilan diluar gaji pokok untuk perawat di Puskesmas yang dimaksud tersebut di antaranya:

• Tunjangan dari daerah

• Intensif khusus bagi tenaga kesehatan

• Kapitasi
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2388 seconds (0.1#10.140)