Terdiri dari Banyak Ahli, Alumni UC Berkeley Siap Dukung Pembangunan IKN

Selasa, 05 September 2023 - 11:17 WIB
loading...
Terdiri dari Banyak Ahli, Alumni UC Berkeley Siap Dukung Pembangunan IKN
Delegasi alumni Berkeley Club Indonesia dan alumni Stanford University berkunjung ke IKN. Foto/Istimewa.
A A A
JAKARTA - Alumni University of California Berkeley yang tergabung dalam Berkeley Club Indonesia menyatakan dukungannya terhadap pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) . Dukungan tersebut akan segera diwujudkan melalui berbagai hal.

Dukungan dari alumni UC Berkeley ini seperti pelatihan dan dukungan alumni sebagai think tank untuk mendukung pembangunan IKN serta meningkatkan ekonomi masyarakat.

“Kita dari Berkeley Club Indonesia mempunyai komitmen bahwa kita akan mendukung pembangunan di IKN ini. Kita akan mendukung di beberapa hal,” tutur Presiden Berkeley Club Indonesia Freddy Samad di Hunian Pekerja Konstruksi IKN, melalui siaran pers, Selasa (5/9/2023).

Freddy menyebutkan, bahwa para alumni memiliki keahlian dalam banyak bidang. “Kita akan mencoba membantu memberikan jasa think tank secara gratis untuk apapun yang diperlukan oleh OIKN. Misalnya dalam smart grid, kita memiliki sumber daya manusia yang sangat ahli. Lalu kita juga mendukung program IKN untuk mencapai program zero waste dengan melakukan pelatihan.”

Baca juga: Mengenal Gelar D.Litt, Bagaimana Cara Mendapatkan dan Perbedaan dengan Gelar Ph.D

Ia menambahkan, untuk mewujudkan zero waste di IKN, Berkeley Club Indonesia salah satunya akan melakukan pelatihan untuk mendaur sampah organik sehingga menjadi pakan ternak yang baik melalui program black soldier fly (BSF).

“Saya rasa itu sangat baik untuk mengurangi sampah waste yang terjadi di IKN dan juga sangat baik untuk ekonomi lokal,” ujar Freddy.

Tak hanya sekadar pelatihan, dalam program yang ditargetkan yang akan dimulai pada bulan Oktober tahun ini tersebut, para alumni akan menyiapkan rantai pasok untuk mencari pembeli.

Selain itu, Berkeley Club Indonesia juga akan mendukung konservasi satwa untuk terwujudnya IKN sebagai kota hutan berkelanjutan.

“Kita juga akan mendukung program konservasi IKN dimana OIKN mempunyai konservasi beruang madu, dan kebetulan lambang kita juga beruang. Jadi, kami mempunyai program Bears save Bears,” kata Freddy.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1735 seconds (0.1#10.140)