Mengenal Gelar D.Litt, Bagaimana Cara Mendapatkan dan Perbedaan dengan Gelar Ph.D

Selasa, 05 September 2023 - 10:36 WIB
loading...
Mengenal Gelar D.Litt, Bagaimana Cara Mendapatkan dan Perbedaan dengan Gelar Ph.D
D.Litt (Doktor Sastra) adalah gelar doktor yang lebih tinggi mirip dengan D.Sc. (Doktor Sains). Gelar D.Litt diklaim lebih tinggi dibanding Ph.D. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ini perbedaan gelar D.Litt dengan PhD. Pernah mendengar gelar D.Litt? Atau setidaknya pernah membacanya. Bagi masyarakat awam mungkin gelar D Litt ini memang agak asing karena jarang ditemui di Indonesia maupun di lingkungan akademis nasional. Untuk mengenal apa itu gelar D. Litt, artikel kali ini mengulasnya serta juga perbedaannya dengan gelar PhD

Mengenal Apa Itu Gelar D.Litt


1. D.Litt. (Doktor sastra) adalah gelar doktor yang lebih tinggi , mirip dengan D.Sc. (doktor sains).

2. Biasanya D.Litt. diberikan kepada seseorang yang telah bertindak sebagai peneliti independen selama jangka waktu tertentu, dan telah menghasilkan karya yang diakui sangat berpengaruh dalam bidang keilmuan.

3. Doktor Sastra (D.Litt.) adalah gelar akademis, gelar doktor lebih tinggi yang di beberapa negara mungkin dianggap melampaui PhD (Doctor of Philosophy). P

4. Penghargaan gelar D.Litt ini diberikan di banyak negara oleh universitas dan badan terpelajar sebagai pengakuan atas pencapaian ilmiah dalam bidang sastra dan sering kali menyertakan kata “sastra” sebagai bagian dari judulnya (seperti Doctor of Letters ).

5. Di Amerika Utara, gelar tersebut juga dapat disebut Doktor Sastra atau Doktor Sastra Kemanusiaan (yang oleh beberapa institusi disebut sebagai Doktor Sastra Kemanusiaan).

6. D.Litt . gelar cenderung diberikan kepada sarjana seni rupa dalam bidang humaniora.


Mengenal Gelar Ph.D (Doctor of Philosophy)

1. Gelar PhD (Doctor of Philosophy) hanya diberikan oleh universitas riset, sementara beberapa perguruan tinggi negeri dan semua sekolah swasta hanya memberikan gelar doktor atau gelar profesional saja, dan tidak memberikan gelar MA atau gelar pascasarjana lainnya; mereka biasanya mengklaim kesetaraan doktoral untuk gelar tertinggi yang diberikan dari lembaga pemberi lisensi seperti akreditasi.

2. American Associate of Colleges and Universities menyetujui kategori baru gelar pasca-master yang diberi nama “doktoral” untuk program praktik profesional yang bukan merupakan doktor penelitian atau doktor terapan.

3. Biasanya diperlukan waktu tiga tahun untuk menyelesaikan program penerimaan PhD di universitas terakreditasi (meskipun hal ini sangat bervariasi dari satu program ke program lainnya).

4. Kebanyakan siswa akan menghabiskan waktu dua tahun untuk meneliti topik mereka sebelum memulai pekerjaan disertasi mengenai topik tersebut; beberapa memerlukan waktu lebih lama dari ini jika mereka memiliki persyaratan tambahan seperti mengambil kursus pada mata pelajaran lain atau mendaftar di institusi lain di luar yang ditawarkan oleh sekolah asal di mana mereka memulai studi mereka

5. Setelah mereka menyelesaikan persyaratan ini, mereka akan menulis makalah tesis mereka yang harus disetujui oleh penguji eksternal sebelum diserahkan kembali ke departemen tertentu di mana kemungkinan besar akan diterbitkan sebagai bagian darinya jika diterima dalam proses peer review selama upacara kelulusan program.

Gelar D.Litt Lebih Tinggi dari Ph.D

1. D.Litt. atau Doctor of Letters (terkadang Sastra) dianggap sebagai gelar yang lebih tinggi daripada gelar Ph.D. dan dapat diberikan kepada seseorang jika orang tersebut telah memberikan kontribusi besar pada bidang studi tertentu selama periode waktu tertentu.

2. PhD (Doctor of Philosophy) adalah gelar penelitian, sedangkan Doctor of Literature (D.Litt.) adalah gelar akademik yang diberikan atas prestasi ilmiah di bidang sastra.
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6341 seconds (0.1#10.140)