SMAN Unggulan MH Thamrin Antarkan DKI Jakarta Juara Umum OSN 2023

Rabu, 06 September 2023 - 09:46 WIB
loading...
SMAN Unggulan MH Thamrin Antarkan DKI Jakarta Juara Umum OSN 2023
Siswa SMAN Unggulan MH Thamrin (MHT) menunjukkan medali yang d iperoleh pada Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2023. Foto: Istimewa
A A A
JAKARTA - Siswa SMAN Unggulan MH Thamrin (MHT) Jakarta bersama sejumlah siswa dari sekolah lainnya di Ibu Kota sukses mengantarkan DKI Jakarta sebagai juara umum Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2023.

baca juga: MAN Insan Cendekia Bangka Tengah Raih 19 Medali Ajang Olimpiade Sains Nasional 2023

OSN 2023 berlangsung di Bogor, Jawa Barat, mulai 27 Agustus-2 September 2023. Ajang ini digelar Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi ( Kemendikbudristek ) melalui Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI) yang merupakan Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas).

Melansir laman Kemdikbudristek, siswa perwakilan DKI Jakarta berhasil memboyong sebanyak 17 medali emas, 30 medali perak, dan 24 medali perunggu. Perolehan tersebut menjadikan DKI Jakarta unggul dari provinsi lainnya.

Khusus SMAN Unggulan MHT tercatat meraih 7 medali, terdiri dari 1 medali emas persembahan Ghazanfar Wangsa Muhammad di cabang ilmu astronomi. Lalu 4 medali perak masing-masing atas nama M Fathirrazi Nafisandy (informatika), Syaqina Octavia Rizha (astronomi), Ahza Nadhif Feriansyah (kebumian), dan Fakhry Fatheen Abhinaya (kimia).

Kemudian, 2 medali perunggu yang dipersembahkan Haydar Yusfishiham (biologi) dan Clarissa Aurelia Nahid Saputra (fisika), serta satu penghargaan khusus Best Theory persembahan Clarissa Aurelia Nahid Saputra (fisika).

Kepala SMAN Unggulan MHT Bahari Lubis sangat bersyukur dengan pencapaian siswa didiknya dalam OSN tahun ini. “Hal ini menunjukkan bahwa kualitas sekolah MH Thamrin makin baik dan bertambah bagus dengan mencetak siswa-siswa berprestasi terutama di bidang sains,” kata dia, Selasa (5/9/2023).

Sementara itu, Ghazanfar Wangsa, siswa SMAN Unggulan MHT penerima medali emas astronomi mengaku tidak menyangka dan surprise dirinya bisa menang dan meraih medali emas. Ia juga bersyukur dengan bersekolah di SMAN Unggulan MHT semua info peluang lomba dan perguruan tinggi luar negeri terbuka.

baca juga: UIN Jakarta Tuan Rumah Final Olimpiade Agama, Sains, dan Riset PTKI 2023

"Setelah dapat medali yang pasti rasanya seneng, bangga, dan terharu. Tapi lebih dominan terharunya sih, karena perjuangan yang kami lakukan memang ga mudah dan sebentar," kata Ghazan seraya mengungkapkan, bahwa dirinya mendapatkan pelatihan lomba Olimpiade Astronomi di SMAN Unggulan MHT sejak kelas 10.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1378 seconds (0.1#10.140)