Internasionalisasi PTKI, Kemenag Perluas Kerja Sama dengan CQU Australia

Jum'at, 08 September 2023 - 09:44 WIB
loading...
Internasionalisasi PTKI, Kemenag Perluas Kerja Sama dengan CQU Australia
Kementerian Agama melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Islam (Ditjen Pendis) menandatangani nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) dengan Central Queensland University (CQU) Australia, di Jakarta Kamis (7/9/2023) Foto/Ist (
A A A
JAKARTA - Kementerian Agama (Kemenag) melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Islam (Ditjen Pendis) terus melakukan langkah strategis mewujudkan internasionalisasi Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI). Salah satunya ditempuh melalui penandatangan nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) dengan Central Queensland University (CQU) Australia.

Penandatanganan ini dilakukan oleh Dirjen Pendis, M Ali Ramdhani, bersama Rektor CQU Australia, Nick Klompdi, di ruang Ditjen Pendis, Kemenag, Jakarta, Kamis (7/9/2023). Dalam kesempatan tersebut, Dirjen Pendis didampingi Direktur PTKI, Ahmad Zainul Hamdi, dan dari pihak CQU hadir Pierre Vijoen, President CQU Indonesia. Sebelumnya Ditjen Pendis juga menandatangani MoU dengan beberapa kampus elite di Amerika Serikat.

Direktur PTKI, Ahmad Zainul Hamdi mengatakan sekalipun MoU ini melanjutkan MoU sebelumnya, namun ada arah baru yang signifikan dalam perjanjian kerjasama kali ini. “Jika sebelumnya, MoU hanya terkait dengan program ‘5.000 Doktor’, maka perjanjian kerja sama ke depan mencakup banyak bidang,” ujarnya, dalam keterangan persnya, Kamis (7/9/2023)



Menurut Ahmad Inung, sapaan akrabnya, saat ini terdapat 11 mahasiswa program doktoral (Ph.D) yang sedang menyelesaikan perkuliahannya di CQU. Ke depan, kerja sama ini mencakup pengiriman mahasiswa untuk program MORA Over Seas Student Mobility Award (MOSMA); Degree Programs (Under Graduate, Master, and Ph.D); Exchange student; Visiting profesorship; Joint research; dan Double degree.

“Dengan begini, maka langkah internasionalisasi PTKI tidak hanya mengirimkan mahasiswa kita ke luar negeri, namun menarik mahasiswa luar negeri untuk memiliki pengalaman kuliah di PTKI,” tutur Ahmad Inung. Penandatanganan MoU ini juga berkat peran Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas, yang terus mendorong dan memberikan tantangan kepada PTKI agar berani merambah berbagai jalan alternatif menuju World Class University.
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0853 seconds (0.1#10.140)