Mengenal Jurusan Kuliah Manajemen Industri Katering, Satu-Satunya di Indonesia

Sabtu, 09 September 2023 - 17:30 WIB
loading...
Mengenal Jurusan Kuliah Manajemen Industri Katering, Satu-Satunya di Indonesia
Saat ini, jurusan Manajemen Industri Katering (MIK) pada jenjang sarjana (S1) hanya tersedia di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI). Foto/Ist.
A A A
JAKARTA - Ini jurusan Manajemen Industri Katering (MIK) salah satu jurusan kuliah langka di Indonesia. Dunia pariwisata tidak akan pernah bisa lepas dengan yang namanya kuliner. Kurang lebih hal inilah yang membuat Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung mendirikan Jurusan Manajemen Industri Katering (MIK)

Jurusan MIK merupakan salah satu jurusan langka di Indonesia. Saat ini, jurusan MIK pada jenjang sarjana (S1) hanya tersedia di UPI. Meski program yang ditawarkan merupakan jenjang S1, Jurusan Manajemen Industri Katering UPI juga memiliki mata kuliah praktik.

Dengan kata lain, soft skill mahasiswa menjadi semakin terasah. Kemampuan mahasiswa juga kian berkembang lewat program pelatihan secara lansung di hotel ternama. Dirangkum dari berbagai sumber, ini data dan fakta seputar jurusan Manajemen Industri Katering.

Apa yang Dipelajari Jurusan Manajemen Industri Katering?

Mahasiswa akan mempelajari tentang manajemen bisnis kuliner secara menyeluruh. Selain itu, mahasiswa juga akan dibekali dengan pembelajaran mengenai pengolahan produk. Jika diperinci, jurusan MIK akan belajar tentang manajemen operasional usaha kuliner, mulai dari perencanaan, pengelolaan, sampai pemasarannya.

Sekitar 70% pembelajaran dalam jurusan Manajemen Industri Katering berfokus tentang manajemen berbisnis, 30% sisanya belajar mengenai pengolahan produk. Perkuliahan pun tidak sebatas belajar di kelas, melainkan juga di laboratorium berstandar dapur hotel.



Mahasiswa akan mempelajari pengetahuan dasar bidang kuliner lokal, nasional, serta internasional. Tidak lupa pula dengan materi manajemen operasional usaha kuliner, beserta perencanaan, pengelolaan, sampai pemasarannya.Setelah menamatkan studi, mahasiswa akan menyandang gelar Sarjana Pariwisata (SPar).

Jurusan MIK merupakan salah satu jurusan langka di Indonesia. Saat ini, jurusan MIK pada jenjang sarjana (S1) hanya tersedia di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI). Memasuki semester 2 atau 3, jurusan MIK UPI menawarkan tiga peminatan yang bisa dipilih, yaitu:

1. Gastronomi Makanan yang berfokus pada kuliner Indonesia

2. Cuisine yang mempelajari makanan dari negara di luar Indonesia

3. Pastry dan Bakery yang berkaitan dengan dunia roti sekaligus kue


Prospek Kerja Jurusan Manajemen Industri Katering

Ketika lulus, kamu dapat berkarier di industri Food & Beverages (FnB), baik di restoran maupun perhotelan, misalnya sebagai food stylist, food service manager, chef, supervisor franchise, dan masih banyak lagi.

Perbedaan jurusan Manajemen Industri Katering dan Pendidikan Tata Boga

Jika MIK dicetak untuk menjadi supervisior karena kita mempelajari tentang manajemen, dan bisa juga menjadi juru masak karena mempelajari tentang pengolahan produk tersebut. Gelarnya pun espar atau sajrana pariwisata. Namun jika tata boga, gelar yang akan di dapatkannya adalah pendidik, atau S.Pd. dan mereka dicetak untuk menjadi guru tata boga.
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1828 seconds (0.1#10.140)