Sabar Ya, Kelulusan PPG Prajab Gelombang 1 akan Diumumkan 15 September 2023

Selasa, 12 September 2023 - 08:36 WIB
loading...
Sabar Ya, Kelulusan PPG Prajab Gelombang 1 akan Diumumkan 15 September 2023
Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Kemendikbudristek Prof Nunuk Suryani. Foto/Neneng Zubaidah.
A A A
JAKARTA - Pengumuman kelulusan hasil PPG Prajabatan Gelombang 1 Tahun Ajaran 2022/2023 rencananya akan diumumkan selambat-lambatnya 15 September 2023. Hal ini akan disampaikan Kemendikbudristek melalui Direktorat Pendidikan Profesi Guru (PPG).

Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Kemendikbudristek Prof Nunuk Suryani menjelaskan, Panitia Nasional ingin dengan teliti dan hati-hati mengolah hasil pendidikan selama dua semester yang telah dilalui oleh para peserta.

"Terima kasih atas kesabaran para peserta menunggu pengumuman hasil kelulusan. Insya Allah Panitia akan mengumumkan hasilnya selambat-lambatnya pada tanggal 15 September 2023,” katanya, melalui siaran pers, Selasa (12/9/2023).

Baca juga: Lulusan SMA dan SMK Dominasi Pengangguran di Indonesia, Ini Jumlahnya

Kesepakatan ini diambil setelah memperhitungkan proses pengolahan dan finalisasi data kelulusan peserta serta proses koordinasi dengan Panitia Nasional yang terdiri dari Pengarah, Penanggungjawab, dan Pelaksana dari Kemendikbudristek serta perwakilan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) Penyelenggara program PPG.

Nunuk juga memberikan apresiasi kepada Panitia Nasional, Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) penyelenggara program PPG, dosen, guru pamong serta seluruh pihak yang telah mengawal dan bekerja keras membantu proses penyelenggaraan PPG Prajabatan Gelombang 1 Tahun 2022/2023.

“Kita semua tahu, banyak pihak yang dengan tulus telah membantu mengawal proses ini sampai selesai. Untuk itu saya ucapkan terima kasih tak terhingga, kepada semua pihak yang mendukung dan mengambil peran,” katanya.

Baca juga: Mengenal SIMT dan Aplikasi Kurasi sebagai Pangkalan Data Talenta Nasional

Nunuk menambahkan, bahwa setelah pengumuman hasil kelulusan tersebut lulusan PPG Prajabatan akan diproyeksikan untuk mengisi kekosongan serta menggantikan guru-guru yang pensiun pada satuan pendidikan di berbagai daerah.

Para lulusan dapat mempersiapkan diri dengan baik dan dapat mengikuti rekrutmen guru ASN PPPK Tahun 2023 yang akan dilaksanakan pada akhir tahun 2023.

“Komitmen dan perjuangan pemerintah tidak akan padam untuk mendorong lulusan PPG Prajabatan untuk menjadi Generasi Baru Guru Indonesia yang akan bersama-sama anak-anak Indonesia menjadi Sumber Daya Manusia yang berkualitas,” tambah Nunuk

Ia menegaskan, upaya pemerintah tidak akan pernah surut dalam memenuhi kebutuhan guru, memperjuangkan kesejahteraan guru, dan meningkatkan kompetensi guru.

Hal itu dapat dibuktikan bahwa saat ini terdapat 544 ribu guru telah diangkat menjadi guru ASN PPPK dan tahun ini berpotensi menambah pengangkatan sekitar 300 ribu guru.

Selain itu, Kemendikbudristek telah menyelenggarakan Program Pendidikan Guru Penggerak, Program Sekolah Penggerak, serta Platform Merdeka Mengajar untuk mendukung jutaan guru dalam memberikan layanan pendidikan berkualitas kepada para murid.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1496 seconds (0.1#10.140)