Sederet Kampus di Indonesia yang Pernah Mengubah Nama

Rabu, 13 September 2023 - 07:03 WIB
loading...
Sederet Kampus di Indonesia yang Pernah Mengubah Nama
Perubahan nama kampus biasanya didasari alasan tertentu, salah satunya adalah karena terjadinya perubahan status. Foto/IPB University.
A A A
JAKARTA - Sejumlah kampus di Indonesia pernah mengalami perubahan nama. Perubahan nama perguruan tinggi ini biasanya didasari alasan tertentu, salah satunya adalah karena terjadinya perubahan status.

Hal ini seperti yang terjadi pada IKIP yang berubah menjadi universitas negeri, misalnya IKIP Jakarta menjadi Universitas Negeri Jakarta.

Selain itu, perubahan nama juga dilakukan sebagai “rebranding” guna memperkuat identitas kampus di tengah persaingan ketat dan perkembangan zaman.

Berikut deretan kampus di Indonesia yang pernah mengubah nama.

Baca juga: PTN di Surabaya Ini Jadi Kampus Unggulan Iptek Bidang Olahraga, Satu-satunya di Indonesia

5 Kampus di Indonesia yang Pernah Mengubah Nama

1. IPB University


Berdasarkan hasil kajian dan keputusan Majelis Wali Amanat pada 2019, nama Institut Pertanian Bogor (IPB) diubah atau di-rebranding. IPB mengubah namanya menjadi IPB University. Hal ini dilakukan lantaran dari waktu ke waktu IPB kian berkembang dan program studi yang ditawarkan pun semakin banyak.

Mengutip laman resmi IPB, nama IPB University akan membangun asosiasi yang lebih luas dan bersifat modern, serta menjanjikan nilai yang lebih tinggi. Selain itu, rebranding ini akan menciptakan keseragaman penulisan dalam jurnal internasional. Selama ini, penulisan nama IPB berbeda-beda, mulai dari Bogor Agricultural Institute, Bogor Agricultural University, hingga Institut Pertanian Bogor.

2. Universitas Sebelas Maret


Universitas Sebelas Maret atau disingkat UNS merupakan nama dan singkatan resmi bagi kampus yang berlokasi di Solo tersebut. Hal ini berdasarkan Keputusan Presiden RI No. 55 Tahun 1982. Sebelumnya, kampus ini bernama Universitas Negeri Surakarta Sebelas Maret, yang didirikan pada 11 Maret 1976.

Universitas Negeri Surakarta Sebelas Maret semula adalah gabungan dari delapan universitas dan bernama Universitas Gabungan Surakarta (UGS) pada 1975. Karena ada perubahan status dari swasta ke negeri, namanya pun diubah menjadi Universitas Negeri Surakarta Sebelas Maret yang kemudian menjadi Universitas Sebelas Maret.

Baca juga: 10 Jurusan dengan Jumlah Mahasiswa Drop Out Terbanyak, Prodi Mana Saja?

3. Universitas Trilogi


Universitas Trilogi adalah perguruan tinggi swasta di Kalibata, Jakarta Selatan. Pada mulanya, kampus ini bernama Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Keuangan dan Perbankan Indonesia (STEKPI), didirikan pada 1988. Namun, pada 2001, Yayasan Pengembangan Pendidikan Indonesia Jakarta (YPPIJ) yang menaungi STEKPI mengadakan kerja sama dengan ITB dan IPB dan mengubah nama STEKPI menjadi Universitas Trilogi.

Sesuai namanya, Universitas Trilogi memiliki tiga gagasan yang menjadi pilar perguruan tinggi tersebut. Ketiga pilar tersebut adalah teknopreneur, kolaborasi, dan kemandirian.

4. Universitas Esa Unggul


Universitas Esa Unggul adalah perguruan tinggi swasta yang didirikan pada 1993. Saat didirikan, kampus tersebut bernama Universitas Indonusa Esa Unggul. Namun, pada 2014, nama kampus ini diubah dengan menghilangkan kata “Indonusa” sehingga menjadi Universitas Esa Unggul (UEU).

UEU mempunyai empat lokasi kampus, dengan kampus utama terletak di Jakarta Barat. Dalam menjalankan visi dan misi, kampus ini bersandar pada pilar kewirausahaan, teknologi informasi, dan kemampuan berkomunikasi.

5. Universitas Negeri Jakarta


Pada 1950-an, di Indonesia terdapat kursus B-I, B-II, dan PGSLP (Pendidikan Guru Sekolah Lanjutan Pertama) untuk mendidik para calon guru sekolah lanjutan pertama dan atas. Kursus B-I dan B-II di Jakarta kemudian diintegrasikan ke dalam FKIP Universitas Indonesia. Selanjutnya, pada 1964, FKIP Universitas Indonesia dan IPG Jakarta diintegrasikan menjadi IKIP Jakarta.

Karena mendapat perluasan mandat guna mengembangkan ilmu kependidikan dan non kependidikan dalam wadah universitas, IKIP Jakarta diubah menjadi Universitas Negeri Jakarta (UNJ). Perubahan tersebut terjadi pada 1999.

Demikian tadi lima kampus di Indonesia yang pernah mengubah nama. Semoga informasi ini bermanfaat bagi pembaca setia SINDOnews.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2644 seconds (0.1#10.140)