5 Kampus dengan Jurusan Ilmu Keperawatan Terbaik Dunia, Mayoritas Ada di Amerika

Rabu, 13 September 2023 - 07:32 WIB
loading...
5 Kampus dengan Jurusan Ilmu Keperawatan Terbaik Dunia, Mayoritas Ada di Amerika
Jurusan Ilmu Keperawatan merupakan salah satu jurusan yang memiliki peran penting di dunia kesehatan. Foto/Freepik.
A A A
JAKARTA - Jurusan kuliah Ilmu Keperawatan merupakan salah satu jurusan yang memiliki peran penting di dunia kesehatan. Menjadi seorang perawat diibaratkan sebagai seorang pahlawan tanpa jubah yang bekerja di garda terdepan untuk memberikan perawatan medis kepada pasien.

Dalam Ilmu Keperawatan, mahasiswanya akan mempelajari berbagai mata pelajaran seperti fisiologi, mikrobiologi, farmakologi, dan anatomi manusia. Yang membuat Ilmu Keperawatan diminati adalah tidak hanya mengobati fisik pada pasien, melainkan juga memperhatikan aspek sosial dan psikologisnya.

Untuk itu, memilih kampus dengan jurusan Ilmu Keperawatan yang baik menjadi syarat utama sebagai mahasiswa Ilmu Keperawatan, khususnya bagi yang ingin menempuhnya di luar negeri.

Berikut 5 kampus dengan jurusan ilmu keperawatan terbaik di dunia menurut QS World University Ranking (WUR) 2023 by Subject: Nursing.

Baca juga: Sederet Kampus di Indonesia yang Pernah Mengubah Nama

5 Kampus dengan Jurusan Ilmu Keperawatan Terbaik Dunia

1. University of Pennsylvania, Amerika Serikat


University of Pennsylvania merupakan kampus dengan jurusan Ilmu Keperawatan terbaik di dunia. Untuk dapat memasuki jurusan seperti ilmu keperawatan sangatlah ketat, Penn ]University hanya menerima 9% mahasiswa pada jurusan populer seperti Ilmu Keperawatan.

2. King’s College London, Inggris


Fakultas ini merupakan fakultas turunan dari Nightingale Training School yang diperkirakan berdiri tahun 1860. Jurusan Ilmu Keperawatan di King’s College London ini memberikan pengajaran kepada mahasiswanya tentang bagaimana perawatan terbaik dan meneliti masalah yang berdampak pada kesehatan pasien.

Mahasiswanya juga tidak perlu menunggu sampai lulus untuk dapat turun tangan langsung dalam perawat pasien, karena dengan adanya hubungan yang baik antara universitas dan rumah sakit di Inggris mahasiswa dapat langsung mempraktikkannya di rumah sakit tersebut.

3. Johns Hopkins University, Amerika Serikat

Johns Hopkins University menempati peringkat ketiga sebagai kampus dengan jurusan Ilmu Keperawatan terbaik di dunia. Untuk dapat berkuliah di sini, John Hopkins University hanya menerima sekitar 13% mahasiswa setiap tahunnya. Lulusan ilmu keperawatan Johns Hopkins University dapat memperoleh gaji sekitar USD62, 700.

Baca juga: Universitas di Indonesia dengan Jumlah Followers Terbanyak di Instagram, Ada Kampus Idolamu?

4. University of Washington, Amerika Serikat


University of Washington didirikan pada 1861. Menurut QS World University Ranking 2023, University of Washington berada di peringkat keempat sebagai kampus dengan jurusan Ilmu Keperawatan terbaik. Saat ini total skor yang diraih University of Washington sebesar 91,3

5. University of Alberta, Kanada


Didirikan pada 1908, University of Alberta menjadi salah satu dari lima universitas terbaik di Kanada. Saat ini, University of Alberta berada di peringkat kelima sebagai kampus dengan jurusan ilmu keperawatan terbaik di dunia.

Setiap jurusan di kampus ini menawarkan program pendidikan yang komprehensif serta didukung dengan fasilitas yang lengkap.

MG/Kalyca Keysha Alfiani
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1994 seconds (0.1#10.140)