15 Jurusan Teknik yang Lulusannya Paling Dibutuhkan dan Dicari di Dunia Industri

Rabu, 13 September 2023 - 13:15 WIB
loading...
15 Jurusan Teknik yang Lulusannya Paling Dibutuhkan dan Dicari di Dunia Industri
15 jurusan teknik yang lulusannya paling dibutuhkan dan dicari dunia industri. Foto/fau.edu.
A A A
JAKARTA - Sejumlah jurusan teknik ini bisa menjadi pilihan calon mahasiswa baru yang ingin kuliah di fakultas teknik. Sebab 15 jurusan teknik ini disebut-sebut banyak dibutuhkan dan diburu di dunia industri saat ini.

Prospek karier yang cerah menjadi pertimbangan calon mahasiswa untuk memilih suatu jurusan kuliah. Jurusan Teknik ini menjadi salah satu yang dipilih karena lulusannya banyak dibutuhkan oleh dunia industri.

Dunia industri membutuhkan profesional di bidang teknik karena mahasiswanya telah mempelajari ilmu dan terapan yang lebih luas hingga praktikum yang lebih banyak dari pada jurusan lainnya.

Kemampuan teori dan juga basis praktik yang didapat di bangku perkuliahan ini yang membentuk hardskill dan softskill lulusan jurusan teknik sehingga memiliki kesempatan bekerja yang lebih luas.

Bagi kalian yang tertarik masuk jurusan teknik, berikut ini 15 jurusan teknik yang lulusannya paling dibutuhkan di dunia industri, dikutip dari laman Mau Kuliah. Urutan bukan berdasarkan pemeringkatan tertentu.

15 Jurusan Teknik Paling Dibutuhkan di Dunia Industri

1. Teknik Sipil


Lulusan dari Teknik Sipil bisa bekerja di berbagai perusahaan properti, konstruksi, atau pengembang. Kamu juga bisa bekerja di instansi pemerintah seperti Badan Perencanaan Nasional (BPN), Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), dan BUMN lain di bidang konstruksi.

Mengapa lulusan Teknik Sipil banyak dicari? Itu karena mereka telah mempelajari proses merancang, membangun dan merenovasi gedung, jalan, jembatan, bendungan, serta infrastruktur lainnya.

Bahkan lulusan dari jurusan ini punya peran penting dalam perkembangan suatu negara, terutama dalam pembangunan infrastruktur dan ekonomi.

2. Teknik Perminyakan


Jika kalian tertarik untuk belajar mengenai minyak bumi, gas alam dan panas bumi dan juga tentang eksplorasi, eksploitasi dan cara pengolahan minyak jurusan Teknik Perminyakan bisa menjadi rekomendasi.

Sebagai mahasiswa Teknik Perminyakan, kamu juga dituntut untuk inovatif dalam menentukan teknik yang lebih efisien dalam menghasilkan energi dengan tingkat emisi rendah.

Prospek kerja dari jurusan ini terkenal sangat menjanjikan karena sumber daya minyak termasuk salah satu sumber daya yang paling bernilai tinggi.

Baca juga: Lowongan Kerja September 2023 untuk Fresh Graduate, Cek Yuk Ada Astra hingga BI
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1118 seconds (0.1#10.140)