UMY PTS Terbaik DIY-Jateng Versi Webometric

Sabtu, 01 Agustus 2020 - 19:05 WIB
loading...
UMY PTS Terbaik DIY-Jateng Versi Webometric
UMY menjadi perguruan tinggi swasta (PTS) terbaik di DIY dan Jateng serta no 2 PTS nasional versi Webometiic. Foto/Priyo Setyawan
A A A
YOGYAKARTA - Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) menjadi perguruan tinggi swasta (PTS) terbaik di DIY dan Jateng serta no 2 PTS nasional versi Webometiic. Hal ini setelah Webometric x pada akhir Juli 2020 menempatkan UMY di urutan ke 11. Pengumuman itu dikeluarkan Webometric melalui laman http://www.webometrics.info/en/Asia/indonesiapersen20, akhir Juli 2020.

Webometric merupakan sebuah inisiatif untuk mempromosikan dan membuka akses publikasi ilmiah guna meningkatkan kehadiran akademik dan lembaga-lembaga penelitian di situs web. Pemeringkatan ini dibuat berdasarkan data yang ada pada website perguruan tinggi, seperti jumlah halaman web, jumlah link yang dibagikan, serta jumlah artikel dan jurnal yang dimiliki dosen.

Kepala Biro Sistem Informasi UMY Wahyudi mengatakan, prestasi yang diraih UMY ini bukan hanya mengenai traffic website namun juga tentang produktifitas artikel baik itu nasional maupun internasional. (Baca juga: ITS Pertahankan 4 Besar Kampus Terbaik di Indonesia Versi Webometrics )

“UMY merupakan perguruan tinggi yang memiliki reputasi baik sehingga semua komponen yang ada untuk penilaian pada webometric ini dapat dipenuhi dengan nilai yang cukup tinggi,” jelasnya, Sabtu (1/8/2020).

Menurut Wahyudi kuliah online yang berjalan sejak Maret lalu juga memberikan pengaruh sebanyak 30 persen pada prestasi yang diraih UMY. Ini menjadi indikasi bahwa informasi serta jurnal ilmiah yang didapatkan dari website UMY terpercaya dan dapat dipertanggungjawabkan. (Baca juga: Di Tengah Pandemi, Siswa Indonesia Raih 4 Medali di Olimpiade Kimia Internasional )

“Semoga kedepannya dengan adanya pemeringkatan ini, kita bisa mempertahankan bahkan meningkatkan kekuatan IT kita untuk mengelola website UMY,” terangnya.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1838 seconds (0.1#10.140)