4 Fakta Jurusan Teknik Industri UGM, Tempat Muhammad Zinedine Alam Anak Ganjar Pranowo Kuliah S1

Rabu, 13 September 2023 - 17:34 WIB
loading...
4 Fakta Jurusan Teknik Industri UGM, Tempat Muhammad Zinedine Alam Anak Ganjar Pranowo Kuliah S1
Fakta jurusan Teknik Industri UGM. Foto/Dok. UGM
A A A
JAKARTA - Jurusan Teknik Industri UGM menjadi salah satu bagian tak terpisahkan dari Universitas Gadjah Mada. Tak kalah dengan prodi lain, Teknik Industri juga cukup diminati para pendaftar setiap tahunnya.

Sekadar informasi, dari sekian banyak peminat jurusan Teknik Industri UGM, salah satunya adalah Muhammad Zinedine Alam Ganjar . Dia diketahui sebagai putra dari eks Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo .

Mengikuti jejak ayah dan ibunya yang juga menjadi alumni UGM, Zinedine Alam turut menempuh pembelajaran di perguruan tinggi yang berada di Yogyakarta tersebut. Bedanya, dia memang memilih prodi Teknik Industri.

Fakta Jurusan Teknik Industri UGM


1. Berdiri Sejak 1998


Prodi Teknik Industri UGM didirikan guna memenuhi tuntutan kebutuhan yang tinggi akan kompetensi Teknik Industri. Mengutip laman UGM, program studi ini akhirnya berdiri pada 27 April 1998 dan masuk Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Gadjah Mada.



Bersama dengan penambahan Program Studi Teknik Industri (PSTI), beberapa waktu setelah mulai beroperasi nama jurusannya berubah menjadi Teknik Mesin dan Industri. Tak hanya menyediakan jenjang sarjana, PSTI juga mulai membuka program magister dan doktoral di kemudian hari.

2. Tersedia dari 3 Program Berbeda


Pada awal kemunculannya, Teknik Industri UGM hanya tersedia untuk program S-1 atau Sarjana. Sekitar tahun 2008, berdiri program Magister Teknik Industri berdasarkan SK Rektor UGM No. 96/P/SK/HT/2008 tertanggal 11 Februari 2008.



Beberapa waktu berselang, Universitas Gadjah Mada (UGM) membuka jenjang doktoral dari Program Studi Teknik Industri, tepatnya pada tahun 2016. Hal ini menjadikan PSTI terdiri dari program Sarjana, Magister, dan Doktor.

3. Akreditasi


Sedikit dijelaskan di atas, Teknik Industri UGM memiliki tiga program berbeda, yakni jenjang S-1, S-2, dan S-3. Menariknya, saat ini ketiganya memiliki akreditasi Unggul.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1052 seconds (0.1#10.140)