Kolaborasi dengan Kampus, Freeport dan BI Siap Dukung MBKM Mandiri di Papua

Kamis, 14 September 2023 - 14:30 WIB
loading...
Kolaborasi dengan Kampus, Freeport dan BI Siap Dukung MBKM Mandiri di Papua
Sejumlah lembaga bisnis dan lembaga negara, termasuk PT Freeport Indonesia dan Bank Indonesia, siap mendukung MBKM Mandiri di enam provinsi di Papua. Foto/SINDOnews.
A A A
JAKARTA - Sejumlah lembaga bisnis dan lembaga negara, termasuk PT Freeport Indonesia dan Bank Indonesia, siap mendukung pelaksanaan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Mandiri di enam provinsi di Papua.

Komitmen itu dinyatakan dalam acara Sosialisasi dan Bimbingan Teknis MBKM Mandiri yang diselenggarakan oleh Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa) Kemendikbudristek bekerja sama dengan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah XIV Papua.

Acara tersebut diselenggarakan di Aula STIE Port Numbay, Jayapura, diikuti oleh 54 perwakilan dari 39 perguruan tinggi dari provinsi Papua, Papua Barat, Papua Pegunungan, Papua Selatan, Papua Tengah, dan Papua Barat Daya, ditambah dengan 99 peserta yang mengikuti secara daring.

Sementara itu hadir juga perwakilan dari para mitra dan calon mitra MBKM Mandiri seperti PT Freeport Indonesia, Bank Indonesia, Bank Papua, Bank BNI, dan Kepala Dinas Pendidikan Sorong.

Baca juga: 10 Negara dengan Lulusan Teknik Terbanyak di Dunia, Indonesia Urutan Berapa?

“MBKM adalah satu inovasi yang memungkinkan perguruan tinggi mentransformasi diri untuk menghasilkan lulusan yang semakin relevan lingkungan dan relevan zaman. Menimbang hal tersebut, Kemendikbudristek mendorong perguruan tinggi untuk berani menjalankan MBKM secara mandiri,” kata Nur Masitah Syam dari Direktorat Belmawa Kemendikbudristek, melalui siaran pers, Kamis (14/9/2023).

Untuk memastikan relevansi lulusan maupun perguruan tinggi, dalam MBKM mahasiswa mendapatkan hak belajar sampai dengan empat semester di luar program studinya. Dalam MBKM, mahasiswa berhak belajar di program studi lain pada perguruan tinggi yang sama, prodi yang sama di perguruan tinggi yang berbeda, atau sepenuhnya di luar perguruan tinggi.
Karena itu untuk menjalankan MBKM secara mandiri, tanpa campur tangan Kemendikbudristek, sebuah program studi harus menjalin kemitraan dengan berbagai pihak, baik dengan sesama perguruan tinggi maupun dengan para pihak di luar perguruan tinggi.

Sementara itu para mitra dan calon mitra yang hadir dalam Sosialisasi dan Bimbtek di Jayapura ini menyatakan komitmen mereka untuk mendukung pelaksanaan MBKM Mandiri di keenam provinsi di Papua.

“PT Freeport Indonesia membuka kesempatan bekerja sama MBKM Mandiri dengan semua perguruan tinggi, namun tentu saja dengan kriteria tertentu dan menimbang keterbatasan kami,” kata Denij Rumayomi, Kepala Cooperate Communication PT Freeport Indonesia kantor Jayapura.

Baca juga: Begini Ketentuan Penetapan Jurusan Kuliah untuk Mahasiswa Baru ITB
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3887 seconds (0.1#10.140)