10 Negara dengan Lulusan Teknik Terbanyak di Dunia, Indonesia Urutan Berapa?

Kamis, 14 September 2023 - 13:17 WIB
loading...
10 Negara dengan Lulusan Teknik Terbanyak di Dunia, Indonesia Urutan Berapa?
Indonesia berada di urutan ke-6 negara dengan lulusan teknik terbanyak di dunia menurut data Unesco (badan PBB bidang pendidikan dan kebudayaan). Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ini 10 negara dengan lulusan teknik terbanyak di dunia. Meroketnya dunia digitalisasi dan industri membuat permintaan akan lulusan insinyur meningkat pesat dan diperkirakan akan terus tumbuh setiap tahunnya.

Lulusan teknik memang memegang peran penting bagi kehidupan khususnya kualitas hidup.Dunia yang terus berkembang dan proses pembangunan yang terus berjalan diperkirakan akan membutuhkan banyak lulusan teknik sebagai salah satu syaratnya. Berdasarkan data dari Unesco (Badan PBB yang mengurusi Pendidikan dan Kebudayaan) berikut 10 negara dengan lulusan teknik terbanyak di dunia

10 Negara yang Memiliki Lulusan Teknik Terbesar di Dunia

1. Rusia


Urutan pertama negara yang menyumbang jumlah lulusan teknik tertinggi per tahun adalah Rusia. Menjadi negara dengan wilayah paling luas didunia, Rusia meluluskan hampir setengah juta lulusan teknik setiap tahunnya.

2. Amerika Serikat


Amerika Serikat menempati urutan kedua untuk menyediakan banyak lulusan teknik. AS berkonsentrasi pada tujuan industrialisasi. Karena mereka percaya bahwa negara membutuhkan kekuatan yang paham teknologi untuk mencapai tujuan industrialisasi tersebut.


3. Iran


Sebagai negara berkembang, Iran berada di belakang AS dengan lulusan teknik terbanyak. Dari 233.695 lulusan teknik di Iran, 70%nya adalah adalah perempuan. Angka persentase ini paling tinggi daripada di negara lain di dunia.

4. Jepang


Negara matahari terbit ini memang sudah dikenal sebagai negara paling maju secara teknologi di dunia. Pekerjaan dibidang teknik adalah salah satu pekerjaan berperingkat teratas selain kedokteran di Jepang. Setiap tahunnya Jepang mempunyai target tertentu untuk menghasilkan lulusan teknik sebagai upaya pemenuhan tenaga kerja.

5. Korea Selatan


Seperti Jepang, Korea Selatan menunjukkan teknik sebagai profesi yang sangat bergengsi yang fundamental bagi kesuksesan bangsanya. Insinyur sangat diminati di setiap sektor di negara berjuluk negeri Ginseng ini. Banyak perusahaan mengembangkan solusi inovatif dan kreatif mereka untuk membuat produk mereka menarik dengan bantuan para insinyur.

6. Indonesia


Di urutan keenam negara dengan jumlah lulusan teknik terbanyak di dunia ada nama Indonesia. Termasuk negara berkembang, Indonesia sedang gencar-gencarnya memperbaiki semua sektor tak terkecuali teknologi dan industri. Indonesia diperkirakan menyumbang sekitar 30.000 lulusan teknik per tahun.

7. Ukraina


Meskipun sedang dilanda perang, Ukraina mampu menempati top 10 negara dengan lulusan teknik terbanyak dunia. Salah satu negara berkembang ini tentu meningkatkan lulusan tekniknya. Peluang pekerjaan dibidang informatika meningkat di Ukraina. Sesuai laporan, dalam setahun menghasilkan 130.391 lulusan insinyur.

8. Meksiko


Meksiko telah menunjukkan kekuatan teknik yang mengejutkan sebagai negara terbesar ketiga di Amerika Latin. Negara ini memiliki hampir 5 mahasiswa teknik per 1.000 orang. Pada tahun 2011, Meksiko memiliki 579.814 siswa yang terdaftar di jurusan teknik. hingga pada tahun ini, pendaftar jurusan teknik meningkat terus-menerus.

9. Prancis


Disamping memiliki agenda Paris Fashion Week, program teknik di Prancis terkenal dengan kurikulum ketat yang bertujuan menempatkan mahasiswanya memperoleh karier sukses setelah lulus.

Selain itu, Prancis juga mengintegrasikan pelatihan bisnis, studi bahasa asing, dan keterampilan komunikasi untuk memberikan solusi kreatif beberapa tantangan paling kompleks menghadapi dunia kerja saat ini.

10. Vietnam


Selain nama Indonesia, Vietnam menjadi salah satu negara Asia Tenggara yang masuk 10 besar negara dengan lulusan teknik terbesar di dunia. Vietnam memiliki berbagai macam peluang kerja dibidang teknik termasuk teknik mesin, sipil, lingkungan, listrik dan industri.

6 Jurusan Teknik yang Paling Dibutuhkan Dunia Kerja

1. Teknik Sipil


Lulusan dari Teknik Sipil bisa bekerja di berbagai perusahaan properti, konstruksi, atau pengembang. Kamu juga bisa bekerja di instansi pemerintah seperti Badan Perencanaan Nasional (BPN), Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), dan BUMN lain di bidang konstruksi

2. Teknik Mesin


Lulusan dari prodi ini akan sangat dibutuhkan di berbagai macam industri, mulai dari manufaktur, teknologi, otomatif, pertambangan, dan sebagainya.


3. Teknik Industri


Teknik industri tidak hanya akan mempelajari seluk-beluk mesin manufaktur, tetapi juga tentang sistem manajemen sebuah industri. Prospek kerjanya luas mulai dari industry kecil hingga besar. Baik di divisi spesialisasi teknik industri, divisi produksi, divisi engineering, divisi perencanaan biaya, hingga HRD.

4. Teknik Elektro


Mahasiswa Teknik Elektro akan mempelajari aplikasi dan pemanfaatan listrik dalam kehidupan sehari-hari. Jurusan ini pun dipecah ke dalam beberapa konsentrasi dan memiliki cakupan yang sangat luas.

Berkat keahlian di bidang kelistrikkan, banyak lulusan Teknik Elektro yang membidik industri-industri tenaga listrik besar, seperti Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) atau Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU). Bekerja di industri telekomunikasi, perminyakan dan gas, otomotif, hingga perusahaan bertaraf multinasional juga bisa menjadi pilihan.

5. Teknik Nuklir


Prospek kerja di bidang ini bisa dibilang cukup menjanjikan. Mulai dari perusahaan pertambangan, perminyakan, dan perusahaan yang bergerak di bidang energi seperti PLN, PLTN, Pertamina, Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN), dan sebagainya.

6. Teknik Perminyakan


Prospek kerja dari jurusan ini terkenal sangat menjanjikan karena sumber daya minyak termasuk salah satu sumber daya yang paling bernilai. Kariernya bisa dimulai di perusahaan sektor migas nasional hingga internasional seperti Pertamina, Chevron, Total, Shell, dan masih banyak lagi.
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3274 seconds (0.1#10.140)