12 Prospek Kerja Lulusan Teknik Sipil yang Wajib Disimak Mahasiswa

Kamis, 11 November 2021 - 21:10 WIB
loading...
12 Prospek Kerja Lulusan Teknik Sipil yang Wajib Disimak Mahasiswa
ITB menyediakan prodi Teknik Sipil di Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Pembangunan beragam infrastruktur di Indonesia gencar dilakukan oleh pemerintah dan juga pihak swasta kini dan nanti. Tidak heran jika lulusan Teknik Sipil akan menjadi incaran banyak perusahaan dengan potensi karier dan gaji tinggi.

Melansir laman resmi ITB di itb.ac.id, Kamis (11/11/2021), ITB menyediakan prodi Teknik Sipil di Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan. Hasil karya lulusan Teknik Sipil akan dengan mudah dilihat ketika melintas di jalan raya, berjalan di kawasan gedung pertokoan atau pun ketika mengagumi konstruksi suatu bandara.



Hal ini terjadi karena Teknik Sipil merupakan ilmu terapan yang mencakup teknologi merancang, membangun, dan memelihara serta memperbaiki bangunan.

Bangunannya mulai dari bangunan rumah sederhana dan gedung bertingkat, jembatan, bendungan, hingga bangunan sarana dan prasarana transportasi, jembatan, bendungan, pengairan, prasarana produksi, hingga bangunan-bangunan lepas pantai seperti pada fasilitas pengeboran minyak lepas pantai, serta berbagai fasilitas pembangkit dan transmisi energi.

Pada prinsipnya, ilmu yang akan dipelajari mahasiswa pada prodi ini akan banyak berkaitan dengan ilmu fisika terapan, terutama ilmu mekanika. Makanya mahasiswa juga dituntut untuk menguasai prinsip-prinsip matematika dengan baik.



Walau kini banyak perangkat lunak tersedia untuk membantu proses penghitungan, mahasiswa akan tetap ditekankan mengenai pentingnya penguasaan pengetahuan dan pemahaman prinsip-prinsip dasar keteknikan.

Selain mempelajari ilmu-ilmu teknis untuk keperluan merancang, membangun dan memelihara struktur bangunan, pada program studi Teknik Sipil juga akan dipelajari berbagai aspek manajemen konstruksinya.

Mahasiswa nantinya akan diberi pengetahuan dan dilatih untuk dalam mengelola pelaksanaan konstruksi dengan baik. Seperti, mengatur jadwal kerja, mengatur pekerja, bahan dan peralatan), sesuai dengan prinsip-prinsip efisiensi dan efektivitas dalam pengunaan berbagai sumberdaya, serta tetap menjaga dan memenuhi ketentuan lingkungan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1606 seconds (0.1#10.140)