12 Prospek Kerja Lulusan Teknik Sipil yang Wajib Disimak Mahasiswa

Kamis, 11 November 2021 - 21:10 WIB
loading...
A A A
Sampai di sini sudah jelas ya gambaran apa yang akan dipelajari di Teknik Sipil. Sekarang, seperti apa ya prospek kerja lulusannya jurusan ini? Simak 12 prospek kerja lulusannya seperti dirangkum dari laman resmi Go Kampus di gokampus.com berikut ini.

1. Surveyor Pengendalian Bangunan
Prospek kerja Teknik Sipil yang pertama adalah sebagai surveyor pengendalian bangunan. Profesi ini cocok bagi yang senang bekerja dengan detail dan tertarik dengan bangunan serta pekerjaan konstruksi.

Bekerja menjadi surveyor pengendalian bangunan tugasnya memastikan bahwa semua peraturan dan perundang-undangan yang berlaku bisa diikuti oleh pembangunan yang sedang berjalan. Kalau menemukan bangunan yang tidak memenuhi persyaratan tersebut, maka tugas sebagai surveyor pengendalian bangunan wajib memberikan solusi pemecahannya bagi klien.

Surveyor juga akan membantu mengurus dokumen perizinan jika memang diperlukan, dan wajib mengecek pondasi dan sistem drainase dari tanah yang akan dibangun. Tentunya pekerjaan ini akan memiliki tujuan untuk menjadi keamanan bagi semua pihak sehingga saat pembangunan sebuah gedung berjalan, tidak ada persyaratan yang bermasalah.

2. Konsultan Konstruksi Bangunan
Prospek kerja Teknik Sipil yang kedua adalah bekerja menjadi konsultan konstruksi bangunan. Pada bidang ini,sebagai lulusan Teknik Sipil bisa mengambil peran sebagai Project Manager yang tugasnya bisa mengawasi dan manajemen konstruksi yang sedang berjalan, mengatur budget pembangunan, juga melihat potensi resiko yang bisa terjadi dengan pembangunan yang berlangsung.

Tentunya prospek kerja Teknik Sipil satu ini membutuhkan kreativitas lebih banyak dan kemampuan untuk mendesain apa yang klien inginkan.

3. Kontraktor Insinyur Sipil
Prospek kerja Teknik Sipil yang selanjutnya adalah menjadi kontraktor insinyur sipil. Tugasnya adalah mengubah rencana yang sudah dibuat oleh seorang konsultan menjadi kenyataan. Nantinya, biarkan konsultan dan klien yang melihat bagaimana keadaan nyata di lapangan serta menerapkan apa yang sudah dibuat oleh konsultan.

Tugas dari profesi ini nanti mengharuskannya untuk mampu secara profesional mengatur semua orang dan sumber material yang ada di tempat pembangunan. Kamu juga bisa bertugas untuk membuat perencanaanmu sendiri.

4. Insinyur Situs Pembangunan
Prospek kerja yang selanjutnya adalah bekerja menjadi Insinyur situs pembangunan. Tugasnya nanti adalah menentukan lokasi pembangunan infrastruktur, baik itu yang terkait di atas maupun yang ada di bawah tanah. Selain itu juga profesi ini bisa membuat dan mengaplikasikan rencana terkait pembangunan bangunan selain itu juga memiliki tanggung jawab untuk memperhatikan kesehatan dan keamanan di daerah tersebut,

5. Insinyur Struktural
Prospek kerja yang berikutnya adalah menjadi seorang insinyur struktural yang menggabungkan antara matematika dan sains secara kreatif untuk mendesain struktur bangunan serta menyelesaikan masalah.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0969 seconds (0.1#10.140)