Inilah Skill Terpenting yang Dimiliki Lulusan Teknik Industri

Selasa, 26 April 2022 - 23:37 WIB
loading...
Inilah Skill Terpenting yang Dimiliki Lulusan Teknik Industri
Jurusan Teknik Industri. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Dari tahun ke tahun, momen penerimaan mahasiswa baru selalu memiliki cerita tersendiri. Calon mahasiswa pun berusaha sebaik mungkin untuk bisa lolos di jurusan atau program studi yang diinginkan. Salah satu jurusan yang banyak peminatnya adalah Teknik Industri.

Berdasarkan mata kuliah yang dipelajari di jurusan Teknik Industri , lulusan jurusan ini memiliki peluang kerja yang luas. Mulai dari industri otomotif, kesehatan, manufaktur, startup, pertambangan, sampai bidang-bidang kreatif seperti periklanan bisa dimasuki oleh lulusan Teknik Industri.



Wajar jika sejak awal masuk di Teknik Industri, mahasiswa sudah memiliki gambaran karier ke depannya akan seperti apa. Bahkan, salah satu hal yang juga menjadi daya tarik adalah potensi gaji lulusan Teknik Industri. Meski pun pada praktiknya setelah lulus bisa saja berbeda dari rencana, karena hal ini bisa dipengaruhi oleh bermacam-macam faktor.

Akan lebih realistis jika kita memahami tentang skill dan kompetensi yang dibutuhkan lulusan Teknik Industri. Hal ini akan membuat kita lebih realistis dan dan memahami seperti apa kebutuhan di dunia kerja.

1. Problem Solving

Pada dasarnya, peran utama seorang insinyur industri (industrial engineer) adalah untuk membuat sistem dan proses lebih efisien. Kemampuan pemecahan masalah (problem solving) menjadi salah satu keterampilan yang paling penting untuk pekerjaan dengan latar belakang pendidikan Teknik Industri.

Ini berarti bahwa insinyur industri harus terbiasa mendeteksi berbagai masalah, menganalisis penyebabnya, dan merancang cara untuk menyelesaikannya. Proses ini juga membutuhkan skill pendukung lain seperti berpikir kritis dan kemampuan bekerjasama.

2. Perencanaan Proyek

Setiap proyek, misalnya di sebuah perusahaan, membutuhkan teknologi yang optimal dan jumlah tim yang tepat. Keterampilan dalam hal perencanaan proyek memang sangat penting untuk memastikan bahwa proyek berjalan sesuai standar dan selesai tepat waktu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1524 seconds (0.1#10.140)