4 Jurusan Kuliah yang Berpeluang Diprioritaskan di Seleksi CPNS 2023

Sabtu, 16 September 2023 - 15:15 WIB
loading...
4 Jurusan Kuliah yang Berpeluang Diprioritaskan di Seleksi CPNS 2023
Jabatan dosen menjadi salah satu profesi dengan latarbelakang pendidikan yang berpeluang diprioritaskan dalam seleksi CPNS 2023. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ini jurusan kuliah yang berpeluang diprioritaskan di seleksi CPNS 2023 . Pendaftaran seleksi calon aparatur sipil negara (CASN), meliputi calon pegawai negeri sipil (CPNS) dan calon pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK), dibuka pada 17 September 2023.

Berkaca di tahun tahun sebelumnya, pendaftaran CPNS selalu diminati banyak orang karena prospek cerah PNS. Konsekuensi dari banyaknya pendaftar membuat persaingan untuk diterima dalam seleksi CPNS menjadi sangat ketat.

Perlu strategi khusus untuk menyiasati agar peluang diterima di pendaftaran CPNS terbuka lebar. Sebelum mendaftar, kamu perlu mengetahui jurusan atau latar belakang pendidikan apa saja yang berpeluang besar lolos pendaftaran CPNS.Artikel kali ini akan membahas secara tuntas jurusan yang berpeluang besar lolos di pendaftaran CPNS 2023.

4 Jurusan Kuliah yang Berpeluang Diprioritaskan di Seleksi CPNS 2023

1. Pendidikan


Setiap tahunnya jabatan dosen membutuhkan orang untuk mengisinya. Jabatan dosen menjadi salah satu jabatan berlatar belakang pendidikan yang diprioritaskan dalam seleksi CPNS 2023. Makanya pendaftar dari latar belakang kuliah pendidikan berpeluang diprioritaskan juga untuk mengisi jabatan dosen ini.

2. Bahasa Asing


Jurusan dari bahasa atau sastra asing tidak hanya bisa mengisi formasi dosen, namun juga bisa untuk jabatan staf diplomat atau operator. Lulusan dari jurusan kuliah Sastra Arab, Sastra Inggris Sastra Belanda, dan sebagainya dibutuhkan untuk mengisi jabatan tenaga ahli, staf diplomat, atau operator.


3. Hukum


Karena negara ini berdasarkan hukum, tentunya jurusan kuliah hukum banyak dibutuhkan dan diprioritaskan untuk mengisi jabatan hakim dan jaksa. Jurusan hukum selain melamar di jabatan hakim dan jaksa juga bisa sebagai tenaga ahli di MA, Kejaksaan Agung, Kemenkum HAM, dan lembaga pemerintahan lainnya.

4. Teknologi Informasi dan Teknik


Perkembangan teknologi informasi dan teknik di zaman ini berkembang pesat. Hal inilah yang menjadikan lulusan dari jurusan kuliah ini berpeluang diprioritaskan dalam seleksi CPNS 2023. Lulusan dari jurusan kuliah Teknologi Informasi dan Teknik bisa mengisi jabatan sebagai tenaga teknis berbakat digital, operator, klerek, serta teknisi.
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1328 seconds (0.1#10.140)