15 Contoh Teks Pidato Persuasif Lengkap dengan Berbagai Tema dan Strukturnya

Minggu, 17 September 2023 - 08:46 WIB
loading...
15 Contoh Teks Pidato Persuasif Lengkap dengan Berbagai Tema dan Strukturnya
15 contoh teks pidato persuasif lengkap dengan berbagai tema dan strukturnya. Foto/Istimewa.
A A A
JAKARTA - Teks pidato persuasif merupakan salah satu bentuk dari komunikasi lisan yang memiliki tujuan untuk menyakinkan pendengar tentang suatu gagasan atau pandangan tertentu. Salah satu kunci dalam teks pidato persuasif adalah kemampuan pembicara dalam memahami audiensnya.

Pembicara harus mengetahui terlebih dahulu siapa orang yang sedang diajak berbicara serta apa kebutuhan dan keinginan mereka. dengan mengetahui dan memahami audiensnya, pembicara dapat menyusun teks pidato tersebut dengan lebih relevan dan efektif.

Teks pidato terdiri dari 3 bagian utama yaitu pengenalan, pengembangan argumen, dan yang terakhir adalah kesimpulan. Agar Anda lebih paham tentang penulisan teks pidato, berikut rangkuman 15 contoh teks pidato persuasif dengan berbagai tema lengkap dan struktur serta penjelasannya:

1. Contoh Teks Pidato Persuasif tentang Pendidikan

Pembukaan

Assalamualaikum Wr. Wb.
Salam sehat dan selamat pagi untuk para guru-guru dan juga para sahabat-sahabat satu perjuangan. Puji syukur kehadirat Allah SWT atas segala nikmat yang telah diberikan kepada kita berupa kesehatan pada hari ini, sehingga pada pagi ini kita dapat
berkumpul bersama-sama di sini.

Isi

Hadirin yang berbahagia.
Pendidikan merupakan sebuah pondasi suatu bangsa. Tanpanya, sebuah bangsa akan rusak karena tidak memiliki pondasi yang kuat untuk menopangnya. Namun, diselenggarakannya pendidikan juga bukan hanya tanggung jawab sekolah saja. Harus ada sinergi yang kuat antara pendidik, yang dididik, dan wali yang dididik.

Sinergi antara sekolah dengan siswa dan orang tua haruslah kuat dan seimbang. Dimana, sekolah menyediakan fasilitas, sementara siswa memanfaatkannya dengan baik. Kemudian, orang tua sebagai wali harus mengawasi siswa ketika berkegiatan di luar sekolah.

Orang tua dan sekolah juga harus saling berkomunikasi dalam membahas perkembangan siswa ketika di sekolah maupun di luar sekolah. Hal ini berguna untuk dapat memaksimalkan potensi siswa baik di sekolah maupun di luar sekolah.

Penutup

Karena itu, marilah kita melaksanakan peran kita sebaik-baiknya dalam arena pendidikan di Indonesia ini. Bagi para guru, Anda bisa memaksimalkan potensi Anda untuk memberikan yang terbaik pada siswa dan harapannya bisa terus update dengan perkembangan ilmu pengetahuan serta juga informasi di era digital ini.
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3875 seconds (0.1#10.140)