Ciptakan SDM Unggul, MNC University Seimbangkan Kurikulum Latih Hard Skill dan Soft Skill Mahasiswa

Selasa, 19 September 2023 - 17:32 WIB
loading...
Ciptakan SDM Unggul, MNC University Seimbangkan Kurikulum Latih Hard Skill dan Soft Skill Mahasiswa
Rektor MNC University Mariati Tirta Wiyata. Foto/MPI.
A A A
JAKARTA - MNC University memiliki komitmen untuk menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) unggul demi masa depan bangsa. Salah satunya dengan mengembangkan kurikulum yang menyeimbangkan kemampuan hard skill dan soft skill mahasiswa .

Rektor MNC University, Mariati Tirta Wiyata mengatakan, MNC University mendesain kurikulum yang seimbang dengan kebutuhan industri yang dibutuhkan oleh MNC Group dan juga industri lainnya. Baik sisi kompetensi hard skill dan soft skill setiap mahasiswa yang kuliah di MNC University.

"Kita akan bekerja sama dengan HR (Human Resource) untuk membentuk skill apa saja yang dibutuhkan di dunia kerja," kata dalam kuliah perdana MNC University bertema Cultivating An Enterpreneurial Spirit In The Next Generation di Inews Tower, Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Senin, (18/9/2023).

Baca juga: Deretan Sosok Rektor Termuda di Indonesia, Siapa Saja?

Menurut Mariati, dalam membentuk kemampuan kompetensi mahasiswa, pihak kampus mendorong mahasiswa untuk mengikuti Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang sesuai dengan bidang yang disenangi dan dikuasainya untuk mengasah berbagai kemampuan yang dibutuhkan usai lulus kuliah.

"Mahasiswa akan belajar dari sisi dan bagaimana berorganisasi, bagaimana membentuk teamwork skill, communication skill, leadership skill sampai pada puncak enterpreneur skill juga akan terbentuk," jelasnya.

Dengan menguasai kompetensi yang dibutuhkan ini, tambahnya, para mahasiswa sudah siap bersaing di dunia kerja sebab kemampuannya sudah terbentuk selama menjadi mahasiswa MNC University.

"Indonesia butuh kontribusi dari para warganya, artinya kita bisa berkontribusi dengan membangun diri kita sehingga anak-anak ini pada saat terjun ke dunia kerja sudah siap," jelasnya.

Baca juga: Program Studi UI dengan Persaingan Terketat di SNBP 2023, Kriminologi Terdepan

Lanjut Mariati, mahasiswa MNC University juga diharapkan memiliki pemikiran Entrepreneur. Sehingga ketika mereka lulus bisa membuka lapangan pekerjaan dan menyerap banyak tenaga kerja.

"Yang mana mereka bisa merekrut karyawan sehingga bisa membantu pemerintah dalam mengentaskan masalah pengangguran dan membangun ekonomi bangsa," jelasnya.

Diketahui, dalam acara ini turut dihadiri sejumlah tokoh selain Rektor MNC University Mariati Tirta Wiyata. Di antaranya, Executive Chairman MNC Group Hary Tanoesoedibjo (HT), Ketua Yayasan Hary Tanoesoedibjo, Jessica Tanoesoedibjo dan Miss Indonesia Natasha Manuella.

Executive Chairman MNC Group Hary Tanoesoedibjo dalam kesempatan yang sama juga mendorong para mahasiswa MNC University untuk mengembangkan keterampilan soft skill. Dia mengatakan bahwa soft skill merupakan bagian penting dalam menggapai cita-cita. "Soft skill harus kuat dan dijadikan bagian hidup kalian, soft skill harus jadi daily life (kehidupan sehari-hari)," tandasnya.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1785 seconds (0.1#10.140)