MNC University Gelar Kuliah Umum Bela Negara, Hadirkan Pejabat Kemhan

Kamis, 21 September 2023 - 10:19 WIB
loading...
MNC University Gelar Kuliah Umum Bela Negara, Hadirkan Pejabat Kemhan
MNC University menggelar kuliah umum Bela Negara bersama Kementerian Pertahanan (Kemhan). Foto/Dok MNC University
A A A
JAKARTA - MNC University menggelar kuliah umum Bela Negara bersama Kementerian Pertahanan (Kemhan). Kuliah umum itu digelar Selasa, 19 September 2023 di Gedung Auditorium Lantai 6 MNC University.

Kuliah umum Bela Negara merupakan rangkaian dari kegiatan MNC University dalam menyambut mahasiswa baru pada Pekan Orientasi Mahasiswa Baru (POMBA). Sehari sebelumnya juga dilaksanakan Kuliah Perdana di Gedung MNC Hall Centre, iNews Tower dengan tema: “Equipping a Comprehensively Intelligent Next Generation towards a Golden Indonesia”

Dalam sambutannya, Rektor MNC University Mariati Tirta Wiyata mengatakan bela negara harus dipahami dan menjadi tanggung jawab semua elemen bangsa termasuk mahasiswa yang merupakan calon-calon pemimpin Indonesia di usia emasnya yaitu pada tahun 2045.

"Bela negara bukan hanya sekadar semboyan atau tugas yang harus diemban oleh aparat keamanan atau militer. Bela negara adalah panggilan tugas bagi setiap warga negara Indonesia apa lagi mahasiswa sebagai generasi muda. Ini adalah tanggung jawab kita bersama untuk menjaga kedaulatan, keamanan, dan keselamatan negara kita," jelas Mariati.



Mariati juga berharap, melalui kuliah umum ini didapatkan pemahaman yang lebih dalam tentang pentingnya bela negara dalam kehidupan sehari-hari.

Semua yang dipelajari hari ini akan memberikan inspirasi bagi kita untuk menjadi warga negara yang lebih bertanggung jawab, peduli terhadap bangsa dan negara, serta siap berperan aktif dalam menjaga Indonesia tetap kuat dan bersatu.

"Terima kasih kepada para pembicara yang akan berbagi pengetahuan mereka hari ini, dan juga terima kasih kepada semua peserta yang telah hadir untuk ikut serta dalam acara ini. Mari kita bersama-sama menjadikan kuliah umum ini sebagai langkah awal kita dalam memperkuat semangat bela negara di hati dan tindakan kita," pungkas Mariati.

Dalam pemaparannya, Kolonel Mar. Rachmat Djunaidy, Kasubdit Lingdik Dit. Bela Negara Ditjen Pothan Kemhan menjelaskan tentang konsep bela negara, penjelasan mengenai berbagai aspek bela negara yang relevan dengan peran mahasiswa, serta bagaimana mahasiswa turut serta di dalamnya, termasuk menjaga kedamaian di lingkungan kampus.

Dia juga berharap agar mahasiswa memiliki kesadaran yang tinggi terhadap identitas kebangsaan dan cinta tanah air dengan memahami sejarah, budaya, dan nilai-nilai nasional, sebagai landasan bagi kewajibanbelanegara.
(zik)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.7692 seconds (0.1#10.140)