Kuliah Umum, BNN Ajak Mahasiswa MNC University Perangi Narkoba

Kamis, 21 September 2023 - 13:44 WIB
loading...
Kuliah Umum, BNN Ajak Mahasiswa MNC University Perangi Narkoba
Badan Narkotika Nasional (BNN) mengajak segenap civitas akademika MNC University bersama-sama perangi narkoba. Hal itu disampaikan Deputi Pencegahan BNN Irjen Pol Drs. Richard M. Nainggolan dalam sesi kuliah umum MNC University Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Badan Narkotika Nasional (BNN) mengajak segenap civitas akademika MNC University bersama-sama perangi narkoba. Generasi muda memiliki peran penting dalam memerangi narkoba

Hal itu disampaikan Deputi Pencegahan BNN Irjen Pol Drs. Richard M. Nainggolan dalam sesi kuliah umum MNC University bertajuk “Generasi Muda Tanpa Narkoba”, Rabu 20 September 2023 di Gedung Auditorium Lantai 6 MNC University.

"Peran mahasiswa Universitas MNC dalam penanggulangan narkoba adalah kunci penting dalam mencapai generasi muda yang bebas dari ketergantungan tersebut. Mahasiswa diingatkan untuk mempertahankan fokus pada cita-cita mereka dan konsisten dengan tindakan nyata yang dapat dilakukan dalam upaya pencegahan,” kata Irjen Pol Richard.

Dia mengimbau kepada mahasiswa tentang pentingnya waspada terhadap ajakan dari teman. Data menunjukkan bahwa 88,4% dari pengguna narkoba pertama kali mendapatkannya dari teman sendiri.



Kemudian, dia juga membagikan cerita tentang sepasang kekasih yang terjerat dalam penyalahgunaan narkoba. Dia memberikan peringatan keras kepada mahasiswa agar tidak mudah terpengaruh bahkan oleh orang terdekat.

Irjen Pol Richard juga menyoroti sulitnya memberantas narkoba secara tuntas, dengan alasan terdapat aspek legal dan penggunaan medis yang diatur oleh Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika. Pembedaan jelas antara penggunaan medis dan penyalahgunaan ilegal ditekankan.

Tidak hanya itu, faktor pergaulan dan lingkungan dinilai memegang peranan penting dalam keputusan seseorang untuk menggunakan narkoba. Pencegahan, menurutnya, dapat dimulai dengan mencari pelarian positif dan memberikan dukungan kepada mereka yang terjerat, kemudian mengarahkan mereka menuju proses rehabilitasi melalui BNN.

Kuliah umum Generasi Muda Tanpa Narkoba ini juga merupakan rangkaian dari kegiatan MNC University dalam menyambut mahasiswa baru pada Pekan Orientasi Mahasiswa Baru (POMBA). Sehari sebelumnya juga dilaksanakan kuliah umum bertema Bela Negara bersama Kementerian Pertahanan.

Sementara, Kuliah Perdana digelar di Gedung MNC Hall Centre, iNews Tower pada Senin, 18 September 2023 dengan tema: “Equipping a Comprehensively Intelligent Next Generation towards a Golden Indonesia”.
(zik)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2730 seconds (0.1#10.140)