Sama-sama Organisasi Intra Kampus, Ini Perbedaan BEM dan HIMA

Senin, 25 September 2023 - 11:59 WIB
loading...
Sama-sama Organisasi Intra Kampus, Ini Perbedaan BEM dan HIMA
BEM dan HIMA sama-sama merupakan organisasi intra kampus. Hanya saja jika BEM ada dua yakni tingkat universitas dan fakultas, HIMA hanya ada di fakultas. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ini sejumlah perbedaan antara BEM dan HIMA. Aktif di organisasi semasa kuliah tentu memberi banyak benefit bagi diri kita. Tidak hanya mengembangkan hard skill dari pengetahuan yang didapat di dalam kelas, tapi juga aktif di organisasi dapat mengasah soft skill.

Tidak jarang juga mahasiswa baru yang langsung memikirkan rencana akan daftar di organisasi mana saja. Setidaknya ada dua organisasi dalam kampus yang banyak sekali diminati oleh mahasiswa, yaitu Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) dan dan Himpunan Mahasiswa (HIMA).

Meski sama-sama organisasi intra kampus tetapi antara BEM dan HIMA memiliki sejumlah perbedaan. Artikel kali ini akan membahas apa saja perbedaan antara BEM dan HIMA yang dirangkum dari berbagai sumber.

Mengenal Apa Itu BEM


1. Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) adalah organisasi mahasiswa intra kampus yang merupakan lembaga eksekutif di tingkat pendidikan tinggi. BEM sendiri terbagi di dua tingkat, yaitu BEM Universitas dan BEM Fakultas.

2. BEM Universitas juga menjadi perwakilan mahasiswa di tingkat universitas dan mengeksekusi program kerja yang direncanakan dari universitas dengan pengurus yang berasal dari berbagai fakultas dalam universitas tersebut.

3. Sedangkan BEM Fakultas akan mengeksekusi program kerja di tingkat fakultas. Pengurus BEM Fakultas terdiri dari mahasiswa berbagai jurusan dalam satu fakultas tersebut.

4. Dengan bergabung menjadi pengurus BEM baik di tingkat universitas maupun fakultas, kamu akan mendapat kesempatan untuk memperluas relasi dan pertemanan dengan mahasiswa yang berasal dari fakultas ataupun jurusan lain. Di sisi lain, ada tantangan tersendiri untuk koordinasi secara langsung, apalagi kalau antar anggota kuliah gedung yang terpisah.


Berkenalan dengan HIMA


1. Himpunan Mahasiswa Jurusan (biasa disingkat HIMA atau HMJ, tergantung masing-masing tempat) adalah organisasi kemahasiswaan di tingkat jurusan di suatu perguruan tinggi atau universitas.

2. HIMA menjadi wadah untuk mengembangkan minat bakatnya baik di bidang akademik maupun non akademik, serta menampung aspirasi mahasiswa melalui berbagai program kerja.

3. Pengurus ataupun panitia dari program kerja HIMA tentu saja berasal dari satu jurusan yang sama itu sendiri. Sehingga koordinasi secara langsung akan lebih mudah dilakukan karena bisa bertemu saat jam-jam kuliah.

4. Selain itu, tidak jarang proses eksekusi program kerja HIMA melibatkan para dosen. Nah, dari sana kamu juga bisa menambah kedekatan dengan dosen-dosen di jurusan kamu.

5. Di sisi lain, keterkaitan dengan BEM fakultas memungkinakn adanya risiko program kerja serupa atau tanggal yang bertabrakan (bentrok). Kalau begini, solusinya adalah selalu ada diskusi untuk koordinasi timeline, kebijakan, dan sebagainya. agar tidak timbul konflik antar keduanya.
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1618 seconds (0.1#10.140)