Peroleh Gelar Summa Cumlaude dengan IPK 4, Athena Hastomo Lulus S2 di Usia 22 Tahun

Senin, 25 September 2023 - 13:23 WIB
loading...
Peroleh Gelar Summa Cumlaude dengan IPK 4, Athena Hastomo  Lulus S2 di Usia 22 Tahun
Athena Hastomo lulus dari FTUI dengan gelar Summa Cumlaude dengan IPK 4. Foto/Humas UI.
A A A
JAKARTA - Wisuda program pascasarjana Universitas Indonesia (UI) berhasil meluluskan 44 lulusan dengan gelar Summa Cumlaude dengan IPK sempurna 4. Salah satu yang meraih gelar tersebut adalah Athena Hastomo.

Athena Hastomo adalah seorang mahasiswi program Magister di Departemen Teknik Sipil, Fakultas Teknik Universitas Indoensia (FTUI). Dia berhasil meraih gelar Magister di usianya yang baru menginjak 22 tahun.

“Pada semester 6, saya memutuskan untuk mengikuti program fast track bersama beberapa teman. Dari situ, saya berhasil menyelesaikan S1 dan S2 dalam kurun waktu 5 tahun saja,” katanya, melalui siaran pers, Senin (25/9/2023).

Berkuliah Magister di UI membuatnya memperoleh banyak kesempatan dan pengalaman untuk lebih mengembangkan kemampuan dirinya. Sebab dia dilatih melakukan desain dan mengasah engineering sense, serta didukung untuk terlibat dalam kegiatan kemahasiswaan dan program magang.

Baca juga: 44 Wisudawan Pascasarjana UI Lulus dengan Gelar Summa Cumlaude, Raih IPK 4

“Beruntungnya lagi, saya bertemu dengan dosen-dosen yang sangat passionate dengan bidang keahliannya, serta teman-teman yang beragam dan sangat supportive,” kata Athena.

Menurutnya, kunci keberhasilan studi adalah memanfaatkan peluang dengan sebaik-baiknya. Ia percaya bahwa ilmu dapat diperoleh kapan saja dan dari mana saja, termasuk dalam menentukan gagasan riset yang berdampak.

Bermula dari kerja praktiknya di Terminal Petikemas Kalibaru, Athena menyadari pentingnya manajemen sumber daya air di daerah pesisir Jakarta—mengingat kawasan tersebut merupakan lokasi yang kompleks dalam hal pengendalian banjir.

Ia pun tergerak untuk melakukan kajian evaluasi atas kinerja tanggul pantai dan tanggul sungai sebagai usaha pengendalian banjir di Muara Cengkareng Drain.

Pembangunan tanggul pantai dan tanggul sungai di sepanjang garis pantai Jakarta merupakan bagian dari masterplan National Capital Integrated Coastal Development (NCICD) yang dikembangkan pemerintah untuk mengatasi banjir Jakarta.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1542 seconds (0.1#10.140)