ITS Buat Sepeda Listrik Tanpa Poros yang Canggih dan Futuristik, Begini Penampakannya

Senin, 25 September 2023 - 16:21 WIB
loading...
ITS Buat Sepeda Listrik Tanpa Poros yang Canggih dan Futuristik, Begini Penampakannya
Inovasi sepeda ramah lingkungan. Hubless Bike ITS (HUBBITS), sepeda listrik tanpa poros ramah lingkungan. Foto/Humas ITS.
A A A
JAKARTA - Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) menciptakan inovasi sepeda ramah lingkungan. Inovasi itu dinamakan Hubless Bike ITS (HUBBITS), sepeda listrik tanpa poros ramah lingkungan.

Kepala Pusat Unggulan Iptek Sistem Kontrol Otomotif (PUI-SKO) ITS, Ir Mohammad Khoirul Effendi menjelaskan, HUBBITS mempunyai lima fitur unggulan yang cerdas dan menarik. Fitur pertama adalah wireless charging yang nantinya dipasang pada velg sepeda dan dock parkir sepeda. Fitur ini memungkinkan HUBBITS mengisi daya saat tidak digunakan.

Fitur kedua yang patut dicatat adalah pemilihan ban airless tire. Ban yang dirancang khusus untuk mengatasi masalah ketidaknyamanan yang seringkali muncul saat menggunakan ban konvensional yang rentan terkena benda tajam dan perubahan tekanan ban yang ekstrem. Dengan ban ini, HUBBITS menawarkan pengalaman berkendara yang lebih aman dan nyaman.

Baca juga" Tak Hanya Ganteng, Ini Deretan Prestasi Anak Ganjar Pranowo, Muhammad Zinedine Alam Ganjar

Selanjutnya, fitur ketiga adalah HUBLESS. Sesuai namanya, fitur ini membuat ban sepeda tidak menggunakan poros dan spoke. Fitur ini memungkinkan HUBBITS hanya mengandalkan rangka yang mengelilingi velg sebagai tumpuannya.

ITS Buat Sepeda Listrik Tanpa Poros yang Canggih dan Futuristik, Begini Penampakannya

Fitur-fitur yang ada pada model sepeda berdesain futuristik tanpa poros, HUBBITS. Foto/Humas ITS

“Hal ini, dapat meningkatkan handling dan kestabilitasan sepeda listrik ketika digunakan,” ungkap dosen Departemen Teknik Mesin ITS ini, melalui siaran pers, Senin (25/9/2023).

Sementara itu, dalam perkembangan terkini, HUBBITS juga menghadirkan fitur modul yang menarik. Pada masa yang akan datang, modul ini akan mengalami pengembangan lebih lanjut, termasuk integrasi dengan aplikasi yang memungkinkan pengguna untuk memantau posisi, mengendalikan sistem, serta memeriksa kondisi baterai sepeda sebelum digunakan.

Baca juga: Tak Hanya Ganteng, Ini Deretan Prestasi Anak Ganjar Pranowo, Muhammad Zinedine Alam Ganjar

Terakhir, Khoirul menjelaskan, fitur kelima yang diadopsi oleh HUBBITS adalah optimasi desain dengan menggabungkan artificial intelligence yakni Backpropagation Neural Network (BPNN) dan Genetic Algorithm (GA). Dengan adanya fitur ini, desain rangka sepeda dinilai menjadi ringan dan ergonomis karena dapat menahan beban pengendara secara maksimal.

ITS Buat Sepeda Listrik Tanpa Poros yang Canggih dan Futuristik, Begini Penampakannya

Khoirul menambahkan, HUBBITS merupakan hasil riset program Inovasi dan Hilirisasi Penelitian Dana Higher Education for Technology Innovation (HETI) Asian Development Bank (ADB). Riset dengan judul Pengembangan Ekosistem Sepeda Listrik di Kampus ITS ini merupakan hasil kerja sama dosen dan mahasiswa dari berbagai departemen di ITS yang tergabung dalam kluster Otomotif Science Techno Park (STP) ITS.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2120 seconds (0.1#10.140)