10 Jurusan Teknik Ini Berpeluang Gampang Dilirik HRD Perusahaan Besar, Sangat Menjanjikan

Selasa, 26 September 2023 - 13:26 WIB
loading...
10 Jurusan Teknik Ini Berpeluang Gampang Dilirik HRD Perusahaan Besar, Sangat Menjanjikan
Salah satu jurusan teknik yang berpeluang dilirik banyak perusahaan besar dan juga kalangan BUMN adalah teknik elektro.Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ini 10 jurusan teknik yang diprediksi gampang dilirik HRD banyak perusahaan besar ketika membuka lowongan pekerjaan. Jurusan Teknik memang tengah menjadi idola di kalangan perguruan tinggi saat ini. Peminat yang mendaftar di jurusan teknik pun menurut data yang ada selalu meningkat.

Apa penyebab dari hal itu? Tiada lain dan tiada bukan berkaitan dengan masa depan yang cukup menjanjikan alumni jurusan teknik. Masa depan mereka pun terbilang cerah dengan penawaran gaji besar dari berbagai instansi dan perusahaan.

Lalu jurusan Teknik apa saja yang kabarnya mudah dilirik oleh HRD perusahaan dalam setiap kali ada lowongan kerja? Untuk menjawab hal itu, melansir akun Instagram @akupintar.kampus, artikel kali ini akan membahasnya dengan tuntas.

10 Jurusan Teknik yang Jadi Rebutan dan Berpeluang Dilirik HRD Perusahaan Besar

1. Teknik Informatika


Jurusan Teknik pertama yang selalu menjadi rebutan para calon mahasiswa adalah Teknik Informatika. Nyatanya kondisi saat ini yang sudah memasuki era digital memang sangat membutuhkan orang-orang dengan ilmu informatika dan komputer yang tinggi
Sehingga lulusan IT ini sangat dibutuhkan bahkan jumlahnya sangat tak terhingga dengan penawaran gaji yang tak main-main hingga mencapai 2 bahkan 3 digit sesuai dengan tingkat kemampuannya.

2. Teknik Elektro


Selanjutnya adalah Teknik Elektro yang juga menjadi rebutan para calon mahasiswa baru. Hampir seluruh perguruan tinggi baik negeri dan swasta banyak yang sudah memiliki pilihan jurusan Teknik Elektro yang bisa kamu pilih.



Hal itu karena saat ini jurusan Teknik Elektro mulai banyak dilirik oleh para perusahaan dan instansi khususnya BUMN. Kamu yang senang dengan dunia elektronika sangat cocok untuk mengambil jurusan ini.

3. Teknik Kimia

Selanjutnya ada jurusan Teknik Kimia, kamu bisa memilih jurusan Teknik Kimia jika kamu adalah orang yang senang dengan dunia sains. Jurusan ini banyak sekali dibutuhkan di perusahaan farmasi yang saat ini tengah sangat berkembang.

4. Teknik Mesin


Kamu yang senang dengan mesin memang sangat cocok jika memilih jurusan Teknik Mesin ini. Pasalnya selain menjadi rebutan, jurusan ini memang memiliki banyak prospek cemerlang di masa depan yang menjanjikan.

5. Teknik Sipil


Jurusan Teknik selanjutnya yang juga menjadi rebutan adalah Teknik Sipil yang lulusannya banyak dicari saat seleksi CPNS saat ini. Banyak instansi yang membutuhkan lulusan Teknik Sipil sebagai syarat untuk dapat bergabung dengan instansi tersebut.

6.Teknik Perminyakan


Salah satu jurusan teknik yang menjadi rebutan karena dianggap memiliki prospek kerja menjanjikan adalah Jurusan Teknik Perminyakan. Pada jurusan ini kamu akan diajarkan tentang ilmu eksploitasi dan eksplorasi sumber daya alam. Fokus kajian keilmuan Jurusan Teknik Perminyakan adalah pada tambang minyak bumi, panas bumi, dan gas alam. Nah sudah terbayang kan gaji yang akan kamu dapatkan setiap bulan?

7. Teknik Biomedis


Teknik Biomedis merupakan suatu bidang multidisiplin sebagai sinergi antara bidang biologi dan kedokteran dengan berbagai ilmu dasar dan rekayasa. Keahlian Teknik Biomedis pada umumnya berkait dengan kemampuan problem solving serta mencari solusi yang tepat.

Banyak kesempatan kerja yang bisa didapatkan oleh lulusan Teknik Biomedis antara lain di Rumah sakit, Laboratorium klinik, Industri kesehatan dan farmasi, Industri perangkat lunak. Lulusan program studi Teknik Biomedis diharapkan dapat berperan sebagai pengembang perangkat lunak atau konsultan, dan Institusi pendidikan untuk memenuhi kebutuhan peneliti dan tenaga pengajar.


8. Teknik Lingkungan


Selanjutnya ada Teknik Lingkungan yang juga menjadi salah satu jurusan Teknik yang jadi rebutan. Kamu yang senang dengan dunia lingkungan dapat memilih jurusan ini sebagai pilihanmu.

9. Teknik Industri


Pada jurusan Teknik Industri atau Industrial Engineering para mahasiswa akan mendalami tentang proses industri melalui kacamata teknik dan manajemen.Tak heran, jika Teknik Industri kerap mendapatkan julukan oleh mahasiswanya sebagai jurusan yang ‘nggak teknik banget’. Padahal, jurusan ini merupakan anak dari jurusan Teknik Mesin.

Karena ilmu yang dipelajari mencakup bidang yang luas, maka prospek kerja yang ditawarkan juga tak kalah luas. Mulai dari manufaktur sampai start-up, peluang kerja terbuka lebar untukmu.

10. Teknik Pertambangan


Jurusan Teknik Pertambangan mempelajari berbagai macam hal yang berhubungan dengan proses penambangan terutama mineral, batubara, batuan, logam dan non logam. Selain itu, jurusan Teknik Pertambangan ini juga mempelajari ilmu ekonomi yang berkaitan dengan proses penambangan mineral seperti eksplorasi, eksploitasi, dan pemrosesan.
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1899 seconds (0.1#10.140)