Sederet Universitas dengan Jurusan Teknik Sipil Terbaik di Indonesia, Cek Daftarnya?

Rabu, 04 Mei 2022 - 11:10 WIB
loading...
Sederet Universitas dengan Jurusan Teknik Sipil Terbaik di Indonesia, Cek Daftarnya?
Jurusan Teknik Industri. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Jurusan teknik sipil merupakan jurusan yang mempelajari perancangan berbagai konsep seperti manufaktur dan konservasi fasilitas dan sistem. Jurusan yang masuk dalam rumpun ilmu saintek ini cukup banyak diminati oleh calon mahasiswa.

Perguruan tinggi negeri maupun swasta pun banyak yang membuka jurusan ini. Dari berbagai perguruan tinggi yang menyediakan jurusan teknik sipil, beberapa di antaranya menyandang predikat universitas dengan jurusan teknik sipil terbaik. Berikut daftarnya.



1. Universitas Indonesia

Universitas Indonesia (UI) merupakan salah satu universitas populer yang berada di Kota Depok, Jawa Barat. Jurusan teknik sipil di universitas ini sudah terakreditasi A oleh BAN-PT dan juga mendapatkan Akreditasi ASEAN University Network pada tahun 2008.

Pada jurusan teknik sipil UI tersedia peminatan struktur, geoteknik, transportasi, manajemen sumber daya air, manajemen konstruksi dan lingkungan. Menurut versi Times Higher Education, Universitas Indonesia menduduki peringkat ke 801 sampai 1000 sebagai universitas terbaik di dunia.

2. Institut Teknologi Bandung

Institut Teknologi Bandung (ITB) menempati peringkat ke 1.001 sampai 1.200 sebagai universitas terbaik di dunia versi Times Higher Education. Jurusan teknik sipil di kampus ini sudah terakreditasi A oleh BAN-PT dan juga sudah terakreditasi internasional Accreditation Board for Engineering and Technology (ABET).



Pada 2016 lalu program studi ini kembali mengajukan akreditasi dari sebuah institusi akreditasi internasional ABET. Beberapa mata kuliah yang diajarkan pada jurusan teknik sipil ITB ialah matematika rekayasa, mekanika fluida dan hidraulika, struktur beton dan struktur baja.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2171 seconds (0.1#10.140)