8 Hal Ini Bisa Menggagalkan Lolos Tes Seleksi CPNS dan PPPK, Jangan Diremehkan

Rabu, 27 September 2023 - 10:45 WIB
loading...
8 Hal Ini Bisa Menggagalkan Lolos Tes Seleksi CPNS dan PPPK, Jangan Diremehkan
Ada sejumlah faktor yang berpeluang menggagalkan seseorang bisa lolos seleksi CPNS dan PPPK. Salah satunya formasi yang dipilih tidak sesuai dengan jurusan keilmuan yang dimiliki. Foto/Dok Sindonews
A A A
JAKARTA - Ini sejumlah faktor yang bisa membuat kamu gagal lolos tes seleksi CPNS dan PPPK . Pendaftaran seleksi CPNS dan PPPK 2023 telah dibuka sejak 20 September 2023 lalu. Para pejuang ASN banyak yang menantikan informasi seleksi CPNS dan PPPK 2023 tersebut.

Namun perlu diketahui sebelum mengikuti seleksi CPNS dan PPPK harus ada persiapan yang cukup matang agar dapat lolos dalam setiap tahapan seleksi. Persiapan ini sangat penting diperhatikan agar impian kamu menjadi ASN atau PNS tidak buyar.

Dirangkum dari laman Bapasjaksel.kemenkuham.go.id, ada delapan penyebab yang membuat para peserta CPNS dan PPPK mengalami kegagalan dalam tahapan seleksi selama ini. Artikel kali ini akan memaparkan penjelasannya, simak ya!

8 Penyebab Kegagalan Lolos Seleksi CPNS dan PPPK


1. Formasi yang dipilih tidak sesuai dengan jurusan atau rumpun keilmuan yang dimiliki


Meskipun kamu tertarik untuk memilih formasi tertentu dalam seleksi CPNS dan PPPK, tapi kamu harus tetap memperhatikan dan menyesuaikan dengan latar belakang pendidikan yang kamu miliki

2. Salah unggah dokumen untuk pendaftaran


Dalam mengunggah dokumen untuk melakukan pendaftaran usahakan untuk tidak menggunakan meterai yang tidak sesuai dengan pendaftaran seperti hasil copy paste di Google dan dimintai foto berlatar merah jangan biru, serta memperhatikan persyaratan penting lainnya dari instansi dan formasi yang diminati.

3. Tidak mengikuti perkembangan proses tes seleksi


Usahakan untuk mengikuti setiap perkembangan atau informasi mengenai seleksi CPNS dan PPPK 2023 seperti, dengan memfollow akun resmi instansi yang kamu minati, atau bergabung di group telegram.

4. Tidak menerapkan teknik belajar yang sesuai


Sesuaikan teknik belajar dengan teknik dan waktu yang kamu miliki, apalagi bagi kamu yang memiliki banyak kesibukan seperti sudah berkeluarga atau masih sedang bekerja.

5. Terlalu fokus pada satu pertanyaan dalam CAT


Dalam tes CPNS dan PPPK berbasis komputer atau CAT, peserta dituntut untuk dapat mengerjakan satu soal dalam satu menit, maka dari itu jangan terlalu fokus pada satu soal saja. Jika dirasa kesulitan dalam mengerjakan satu soal maka lewati dan dikerjakan jika ada waktu yang tersisa.


6. Tidak memperhitungkan kuota formasi dan perolehan nilai sendiri


Satu hal yang harus diingat adalah kita tidak hanya bersaing dengan satu atau dua orang saja, dalam seleksi tes CPNS ini kita akan bersaing dengan ribuan orang yang memiliki minat yang sama, dan perolehan nilai yang didapatkan tidak hanya berdasarkan peringkat nilai atau pun passing grade.

7. Tidak siap dengan penempatan di mana saja atau besaran gaji


Dalam pemilihan formasi di seleksi CPNS dan PPPK tidak semua formasi akan sesuai dengan domisili kita, dan tidak semua formasi juga memiliki besaran gaji yang sama.

8. Tidak mendapatkan restu orang tua, wali, atau pasangan


Saat akan menjalankan seleksi tes CPNS usahakan untuk meminta restu dari orangtua atau orang-orang yang ada di sekeliling kita, dan komunikasikan dengan mereka secara baik-baik agar bisa mendapatkan dukungan yang positif dan menambah semangat kita.
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1474 seconds (0.1#10.140)