MAN Insan Cendikia Serpong, Sekolah Terbaik se-Indonesia yang Digagas Habibie

Jum'at, 29 September 2023 - 10:11 WIB
loading...
MAN Insan Cendikia Serpong, Sekolah Terbaik se-Indonesia yang Digagas Habibie
Sekolah MAN Insan Cendekia (IC) Serpong, Tangerang Selatan awalnya digagas Presiden ketiga RI, B.J Habibie dengan mendirikan Magnet School di Serpong dan Gorontalo. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ini profil sekolah MAN Insan Cendekia (IC) Serpong , Tangerang Selatan, sekolah terbaik se-Indonesia berdasarkan nilai UTBK 2022. Label sekolah terbaik juga diraih MAN Insan Cendekia di tahun 2021. Sebuah prestasi yang layak diacungi jempol

Pemeringkatan sekolah terbaik berdasarkan Ujian Tertulis Berdasarkan Komputer (UTBK) tersebut dirilis Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) melalui skema top 1000 sekolah tahun 2022.

Hasilnya, MAN Insan Cendekia Serpong keluar sebagai juara dengan mengantongi 666.494 poin. Penasaran dengan MAN Insan Cendekia Serpong? Artikel kali ini akan mengulas secara tuntas siapa itu MAN IC Serpong, sejarah dan apa saja kelebihannya dibanding sekolah lain, berikut profilnya simak ya!

MAN Insan Cendekia Serpong Digagas Oleh Habibie

1. MAN Insan Cendekia Serpong atau kerap disebut MAN IC Serpong adalah madrasah negeri yang terletak di Tangerang Selatan, Banten

2. MAN IC Serpong awalnya digagas Presiden ketiga RI, B.J Habibie. Melansir situs MAN IC Serpong, dari ide Habibie tersebut, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) kemudian mendirikan Magnet School di Serpong dan Gorontalo melalui program penyetaraan IPTEK STEP (Science and Technology Equity Program) bagi sekolah-sekolah yang berada di lingkungan pondok pesantren.

3. Magnet School kemudian berubah nama menjadi SMU Insan Cendekia. Pada tahun ajaran pertama (1996/1997), penerimaan peserta didik baru diprioritaskan bagi siswa-siswi SMU/MA kelas satu dan siswa-siswi lulusan SMP/MTs berprestasi yang berasal dari pondok pesantren dan sekolah islam lainnya.

4. Mulai tahun pelajaran kedua, SMU Insan Cendekia membuka kesempatan bagi siswa-siswi SLTP umum dan MTs baik negeri maupun swasta untuk bisa mendaftar ke sekolah tersebut.

5. Sejak tahun ajaran 2000/2001, SMU Insan Cendekia tidak lagi dikelola oleh BPPT melainkan oleh Departemen Agama RI. Untuk tetap mempertahankan ciri khas penguasaan IPTEK dan IMTAK, dalam pengelolaan dan pembinaannya, keduanya terus melakukan kerja sama.

6. Baru setelah itu, SMU Insan Cendekia berganti nama menjadi Madrasah Aliyah Insan Cendekia. Meski namanya berubah, sistem pengajaran secara keseluruhan masih sama.

7. Pada 2001, melalui SK Menteri Agama RI, Nomor 490 Tahun 2001 MA Insan Cendekia Serpong dan Gorontalo berubah menjadi Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia Gorontalo dan Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia Serpong.


Bidik Target 90% Alumni Diterima di Perguruan Tinggi Berkualitas

1. Terciptanya kehidupan religius di lingkungan madrasah dengan bercirikan perilaku rajin beribadah, rajin belajar, ikhlas, mandiri, sederhana, ukhuwah, dan kebebasan berkreasi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1810 seconds (0.1#10.140)