Ini Skor IQ Orang-Orang Cerdas di Dunia, Sosok Jenius Indonesia Ini Masuk Daftar

Jum'at, 29 September 2023 - 11:25 WIB
loading...
Ini Skor IQ Orang-Orang Cerdas di Dunia,  Sosok Jenius Indonesia Ini Masuk Daftar
BJ Habibie tercatat sebagai salah satu orang yang memiliki IQ tinggi di dunia. Mantan Presiden RI itu diperkirakan memiliki IQ sebesar 200. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ini skor IQ orang-orang cerdas di dunia. Orang-orang yang dikenal memiliki otak encer biasanya memiliki skor IQ yang tinggi dan prestasi yang cemerlang.

Intelligence Quotient atau IQ merupakan suatu indikator untuk mengukur kecerdasan seseorang. Kecerdasan yang dimaksud, yaitu kecerdasan yang terbentuk atas proses pembelajaran dan pengalaman hidup.

IQ menggambarkan kemampuan seseorang dalam berpikir, mengingat, memahami, mengevaluasi, mengolah, menguasai lingkungan, dan bertindak secara terarah. Biasanya, IQ memiliki kaitan yang erat dengan intelektual, logika, kemampuan menganalisis, pemecahan masalah matematis, dan strategis.

Lantas siapa saja orang tercerdas di dunia? Berapa sih kira-kira IQ yang mereka miliki? Artikel kali ini akan membahas tuntas besaran IQ yang dimiliki sederet orang cerdas di dunia.

Jumlah Skor IQ Orang-Orang Cerdas di Dunia

1. William James Sidis

Skor IQ (250-300)

William James, yang memiliki skor IQ 250-300, dibesarkan dalam keluarga intelektual. Pada usia 5 tahun, ia sudah mengoperasikan mesin tik dan belajar bahasa Latin, Yunani, Rusia, Prancis, Jerman, dan Ibrani. Sidis juga sudah memberikan kuliah pertamanya yang sangat terkenal tentang fisika 4 dimensi di Harvard University pada usia 11 tahun. Namun, sayangnya Sidis meninggal karena stroke pada usia 46 tahun.

2. Ainan Celeste Cawley

Skor IQ (263)

Jenius sejak kecil, Cawley sudah memberi materi kuliah di umur enam tahun, menjadi mahasiswa kimia tingkat tiga di Singapore Polytechnic di umur delapan tahun, dan hafal 518 digit desimal pertama bilangan Pi di usia sembilan tahun.

Enggak cuma jenius, Cawley juga kreatif. Saat berumur 12 tahun, Cawley telah menyelesaikan naskah film berjudul Reflection sekaligus menggubah musiknya. Kamu tau berapa umurnya sekarang, Sobat? Cawley lahir pada tahun 1999 di Singapura dan mungkin menjadi orang paling pintar di dunia saat ini dengan skor IQ 263

3. Terence Tao

Skor IQ (211-230)

Tao lahir di Adelaide Amerika Serikat pada tahun 1975. Dikenal sebagai jagoannya matematika sejak kecil, Tao mulai belajar kalkulus di usia tujuh tahun. Pada umur 20 tahun, Tao dijuluki sebagai Mozart-nya matematika lantaran lulus dari Princeton University dengan gelar PhD.

Tao menjadi profesor di University of California pada tahun 2000 dan dikenal dengan karyanya di bidang persamaan diferensial. Salah satu ilmuwan dengan IQ tertinggi di dunia ini mencatatkan skor IQ antara 211 sampai 230.

4. Marilyn vos Savant

Skor IQ (228)

Dikenal sebagai kolumnis Ask Marilyn di majalah Parade sejak 1986, Savant bertugas menjawab pertanyaan-pertanyaan seputar matematika dan filosofi dari pembaca. Lahir di Missouri, 1946, Savant mengikuti tes Stanford-Binet untuk orang dewasa di usia 10 tahun.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1311 seconds (0.1#10.140)