Berminat Kerja di Bank Indonesia? Ini Bocoran Materi Tes Kebangsentralan Seleksi PCPM BI

Selasa, 03 Oktober 2023 - 12:36 WIB
loading...
Berminat Kerja di Bank Indonesia? Ini Bocoran Materi Tes Kebangsentralan Seleksi PCPM BI
Tes PCPM (Program Pendidikan Calon Pegawai setingkat Asisten Manajer ) Bank Indonesia (BI) dikenal memiliki seleksi cukup ketat. Salah satu materi yang diujikan seleksi PCPM adalah tes Kebangsentralan. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ini materi Tes Pengetahuan Kebanksentralan (TPK) PCPM BI. Tes PCPM (Program Pendidikan Calon Pegawai setingkat Asisten Manajer) Bank Indonesia (BI) dikenal memiliki seleksi cukup ketat

Berbagai rangkaian tes harus dilalui. Sesi demi sesi harus dilalui hingga dinyatakan berhasil sampai pada tahap akhir. Setelah dinyatakan lolos seleksi Pelaksanaan Tes Potensi Dasar (TPD) dan Person Organization Fit, maka peserta seleksi akan menjalani tes selanjutnya yaitu Tes Pengetahuan Umum, Tes Pengetahuan Kebanksentralan, dan Tes Bahasa Inggris.Dalam artikel kali ini khusus akan membahas apa saja materi tes Kebangsentralan dalam PCPM BI, simak ya!

Sekilas Seleksi PCPM Bank Indonesia (BI)


1. PCPM yaitu Program Pendidikan Calon Pegawai setingkat Asisten Manajer di Bank Indonesia yg merupakan salah satu jalur karier untuk menjadi bagian pegawai di Bank Indonesia yang tujuannya untuk mempersiapkan calon – calon pemimpin masa depan Bank Indonesia.

2. Jalur PCPM ini diadakan terkadang waktunya tidak selalu tetap, tergantung bagaimana kebutuhan dari Bank Indonesia


Apa Saja Materi Tes Kebangsentralan PCPM BI?


1. Pada tes Kebanksentralan seleksi PCPM Bank Indonesia, materinya ada di website Bank Indonesia.

2. Jadi sebelum kamu mengikuti tahap tes Pengetahuan Kebanksentralan banyak baca dan unduh materi di website Bank Indonesia.

3. Sederhananya cara menghadapi tes Pengetahuan Kebanksentralan adalah dengan banyak mengunjungi website Bank Indonesia dan mengetahui lebih dalam tentang Bank Indonesia, bagaimana cara kerja Bank Indonesia dalam mengatur uang yang beredar dan membuat kebijakan untuk perekonomian Indonesia, kedudukan Bank Indonesia sebagai Bank Sentral Indonesia.

4. Secara lebih khusus materi tes Kebanksentralan meliputi kebijakan Bank Indonesia, tugas Bank indonesi, kebijakan moneter, inflasi, struktur organisasi Bank Indonesia, nama pahlawan di mata uang, dan kebijakan terbaru serta berita terbaru dari Bank Indonesia.

5. Kemudian ada juga materi tentang dunia ekonomi bisnis dan perbankan, suku bunga, uang cetakan baru dari Bank Indonesia, sejarah Bank Indonesia, lokasi kantor Bank Indonesia termasuk yang berada di luar negeri

6. Ada juga materi tentang dampak inflasi, deflasi, ekonomi mikro dan ekonomi makro.

Paling mudah kamu terus update informasi melalui website resmi dari bank Indonesia, dan unduh materi pdf dan dipelajari secara baik.

Tes Pengetahuan Umum PCPM Bank Indonesia


1. Tes pengetahuan pada seleksi PCPM Bank Indonesia berdasarkan pengalaman lebih banyak materinya tentang perekonomian.

2. Sebelum mengikuti tes ini, para peserta disarankan banyak membaca berita tentang isu terkini di bidang ekonomi.

3. Kemudian membaca informasi tentang kebijakan ekonomi dari pemerintahan, kondisi ekonomi Indonesia saat ini.

4. Sering sering mengunjungi website resmi dari Bank Indonesia untuk mengetahui info dan kegiatan terkini dari Bank Indonesia.
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1004 seconds (0.1#10.140)