10 Jurusan Kuliah yang Sebaiknya Dihindari karena Sulit Dapat Kerja, Jangan Coba-coba

Selasa, 03 Oktober 2023 - 14:17 WIB
loading...
10 Jurusan Kuliah yang Sebaiknya Dihindari karena Sulit Dapat Kerja, Jangan Coba-coba
Jurusan sastra dan bahasa disebut-sebut menjadi salah satu jurusan kuliah yang lulusannya kurang diminati perusahaan. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ini 10 jurusan kuliah yang sebaiknya dihindari karena dikenal memiliki peluang kerja yang kecil alias sulit mendapat kerja. Kamu pasti ingin kuliah di jurusan yang menjanjikan masa depan cerah, bukan? Sayangnya, tidak semua jurusan kuliah bisa memberikan kamu peluang kerja yang luas dan menarik.

Ada beberapa jurusan kuliah yang terkenal sulit untuk cari kerja di perusahaan, bahkan cenderung menganggur setelah lulus. Apa saja jurusan kuliah yang harus kamu hindari jika tidak ingin menyesal nanti? Untuk menjawabnya, artikel kali ini akan membahasnya secara gamblang dan jelas perihal jurusan kuliah apa saja yang disebut sulit mendapatkan kerja mengutip dari cariloker.id

10 Jurusan Kuliah yang Dikenal Kurang Prospektif di Dunia Kerja


1. Bahasa dan Sastra


Jurusan ini memang menarik bagi kamu yang suka belajar bahasa dan sastra, baik lokal maupun asing. Namun, sayangnya jurusan ini kurang diminati oleh perusahaan. Lulusan jurusan ini biasanya bekerja sebagai guru, penulis, kritikus atau sastrawan. Jika kamu tidak ingin terbatas di bidang itu, sebaiknya pilih jurusan lain.

2. Sejarah


Jurusan Sejarah juga termasuk jurusan yang jarang dicari oleh perusahaan. Jurusan ini mempelajari tentang peristiwa-peristiwa masa lalu dan dampaknya terhadap masa kini. Lulusan jurusan ini biasanya bekerja di bidang pendidikan, penelitian, museum atau lembaga budaya.

3. Seni Komersial dan Desain Grafis


Jurusan ini cocok bagi kamu yang memiliki bakat dan minat di bidang seni dan desain. Namun, jurusan ini juga termasuk jurusan yang sulit untuk mendapatkan pekerjaan tetap.Lulusan jurusan ini biasanya memilih untuk berwiraswasta atau bekerja sebagai freelancer. Jika kamu ingin bekerja di perusahaan besar, jurusan ini mungkin kurang cocok untuk kamu.

4. Kebugaran Fisik dan Taman Bermain


Jurusan ini mungkin terdengar unik dan menyenangkan, tapi ternyata tidak begitu menjanjikan di dunia kerja. Jurusan ini mempelajari tentang kesehatan fisik dan rekreasi. Lulusan jurusan ini biasanya bekerja di bidang olahraga, kesehatan atau pariwisata. Namun, angka pengangguran dari jurusan ini juga cukup tinggi.

5. Musik


Jurusan musik adalah jurusan yang ideal bagi kamu yang memiliki passion dan talenta di bidang musik. Namun, jurusan ini juga termasuk jurusan yang sulit untuk cari kerja di perusahaan.



Lulusan jurusan ini biasanya bekerja di bidang yang berkaitan dengan musik, seperti musisi, pengamat musik, atau lainnya. Namun, angka pengangguran dari jurusan ini juga cukup tinggi.

6. Pengetahuan Budaya


Jurusan ini mempelajari tentang budaya-budaya yang ada di dunia atau di wilayah tertentu. Jurusan ini mungkin menarik bagi kamu yang suka belajar tentang keberagaman dan toleransi. Namun, sayangnya jurusan ini kurang diminati oleh perusahaan besar dan kurang memberikan peluang kerja yang baik.

7. Filosofi dan Ilmu Agama


Jurusan ini mempelajari tentang pemikiran-pemikiran filsafat dan agama dari berbagai sudut pandang. Jurusan ini mungkin cocok bagi kamu yang suka berpikir kritis dan mendalam tentang berbagai hal. Namun, sayangnya jurusan ini juga kurang dicari oleh perusahaan. Persentase pengangguran dari lulusan jurusan ini juga cukup tinggi.

8. Seni Rupa


Jurusan seni rupa adalah jurusan yang sesuai bagi kamu yang memiliki jiwa seni dan kreativitas tinggi. Jurusan ini mempelajari tentang berbagai bentuk seni rupa, seperti lukisan, patung, grafis atau lainnya. Lulusan jurusan ini biasanya bekerja sebagai seniman, guru atau kurator. Namun, sayangnya jurusan ini juga kurang diminati oleh perusahaan.

9. Film Video dan Seni Fotografi


Jurusan ini mempelajari tentang seni visual, seperti film, video dan fotografi. Jurusan ini mungkin cocok bagi kamu yang suka berekspresi dengan media gambar dan suara. Lulusan jurusan ini biasanya bekerja sebagai freelancer atau berwirausaha di bidang produksi film atau fotografi. Namun, jurusan ini juga termasuk jurusan yang sulit untuk mendapatkan pekerjaan tetap.

10. Antropologi dan Arkeologi


Jurusan antropologi mempelajari tentang budaya masyarakat suatu etnis tertentu. Sedangkan arkeologi adalah ilmu yang mempelajari kebudayaan manusia masa lalu, hampir mirip dengan jurusan sejarah.

.
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1833 seconds (0.1#10.140)