Riwayat Pendidikan Gibran Rakabuming Raka, Belajar di Luar Negeri dari SMA hingga Kuliah

Selasa, 03 Oktober 2023 - 15:05 WIB
loading...
Riwayat Pendidikan Gibran Rakabuming Raka, Belajar di Luar Negeri dari SMA hingga Kuliah
Riwayat pendidikan Gibran Rakabuming Raka, putra sulung Presiden Jokowi. Foto/Dok/MPI.
A A A
JAKARTA - Gibran Rakabuming Raka adalah anak Presiden Joko Widodo ( Jokowi ) yang saat ini menjabat sebagai Wali Kota Surakarta. Ternyata Gibran merupakan lulusan dari kampus luar negeri.

Presiden Jokowi memiliki dua anak laki-laki dan satu anak perempuan. Anak pertama bernama Gibran Rakabuming Raka, kedua adalah Kahiyang Ayu, dan anak ketiga Jokowi-Iriana adalah Kaesang Pangarep.

Gibran Rakabuming Raka sebelumnya dikenal sebagai pebisnis muda. Mulai dari bisnis katering Chilli Pari, selanjutnya dia juga menjual martabak dengan brand Markobar, hingga bisnis konveksi bernama Tugas Negara Bos.

Baca juga: Daftar 10 Universitas yang Memberi Gelar Honoris Causa kepada Megawati, Terbaru dari UTAR Malaysia

Gibran pun berpindah haluan dengan terjun ke dunia politik hingga berhasil menang dan diangkat sebagai Wali Kota Surakarta pada 26 Februari 2021. Bahkan dalam sejarah kota Solo, Gibran berhasil mencetak sejarah sebagai wali kota termuda pada usia 33 tahun.

Profil Pendidikan Gibran Rakabuming Raka


Dikutip dari laman Prokompim Surakarta, pria kelahiran 1 Oktober 1987 ini sejak kecil tinggal dan menetap di Solo. Namun saat SMP Gibran diketahui pindah ke Singapura.

Selanjutnya, suami dari Selvi Ananda yang telah dianugerahi dua anak ini melanjutkan sekolah setingkat sekolah menengah atas juga masih di Singapura. Tepatnya di Orchid Park Secondary School.

Baca juga: Simak Materi Tes Pengetahuan Umum PCPM BI 2023 Beserta Contoh Soalnya

Kemudian Gibran yang pernah menjadi cameo di film Sesuai Aplikasi dan Yowis Ben 2 ini pun melanjutkan kuliah di Management Development Institute of Singapore dan lulus pada tahun 2007.

Gibran Rakabuming Raka pun kemudian melanjutkan studinya ke program Insearch di University of Technology Sydney (UTS Insearch), Sydney, Australia hingga lulus pada tahun 2010.

Itulah riwayat pendidikan putra sulung Presiden Jokowi yang juga Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka, Semoga informasi ini bermanfaat bagi pembaca setia SINDOnews.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6585 seconds (0.1#10.140)